Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Berikan Sosialisasi kepada Sopir Truk Bandara Sei Bati
Oleh : Khoiruddin Nasution/Dodo
Rabu | 18-07-2012 | 11:21 WIB
kasatlantas-karimun.gif Honda-Batam
Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Andar Sibarani.

KARIMUN, batamtoday – Sosialisasi yang dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Karimun terhadap sopir truk pada proyek penimbunan Bandara Sei Bati beberapa waktu yang lalu, merupakan langkah yang bertujuan agar pengguna jalan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. 


Sehingga, aktivitas pengangkutan tanah tadi, tidak menggangu pengguna jalan lain, serta masyarakat yang berada di sekitarnya.
        
Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Andar Sibarani SIk mengatakan, secara kasat mata, aktivitas penimbunan Bandara Sei Bati yang dilakukan para sopir lori itu, sangat mengganggu pengguna jalan lainnya. Sehingga mengakibatkan jalanan dari lokasi pengerukan tanah ke Bandara Sei Bati yang berjarak ± 2 Km itu becek dan berlumpur. 

“Kita sosialisasikan kepada para sopir, agar menggunakan penutup. Tujuannya  supaya tanahnya tidak berjatuhan ke jalan. Tentunya hal itu mengganggu pengguna jalan, terutama masyarakat sekitar,” terangnya, Rabu (18/7/2012).

Seyogianya menurut Andar Sibarani lagi, tanah yang sudah jatuh ke aspal, disemprot dengan air. Dan bukan hanya disiram, dengan dalih menghindari debu. Sehingga jalan yang mempersingkat jarak dari arah Tebing ke jalan Poros tersebut senantiasa bersih dari tanah hasil pengerukan tadi.

“Jika pada tahap sosialisasi ini juga tidak diindahkan para sopir lori tadi, barulah kita (polantas-red) mengambil tindakan, sebagai amanat penegakan hukum berlalu lintas,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, sudah semestinya sebuah perusahaan jasa pengangkutan menjaring sopir, yang memiliki legalitas serta memiliki kemampuan di bidangnya. Sehingga, aktivitas di jalan maupun di proyek tidak mendapatkan kendala apapun.                     
         
“Jika seorang sopir tidak memiliki SIM, itukan tidak benar. Makanya kita memberikan sosialisasi kepada mereka, agar terjadi tertib berlalu lintas dan saling menghormati antara sesama pengguna jalan lainnya,” ujarnya mengakhiri.