Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembali ke Level 3, Batam Terapkan PTM 50 Persen untuk SD hingga SMP
Oleh : Aldy
Selasa | 01-03-2022 | 16:36 WIB
SDN-009-BTM-Kota.jpg Honda-Batam
Aktivitas di SDN 009 Batam Kota sebelum pemberlakuan PTM 50 persen. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus Covid-19 yang terus melonjak memaksa Kota Batam harus kembali ke PPKM Level 3. Untuk itu, sekolah mulai tingkat SD hingga SMP wajib memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 50 persen.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat ditemui di bilangan Batam Center, Selasa (1/3/20202). "Proses pembelajaran tatap muka kita lakukan 50 persen, ini kita lakukan untuk mengantisipasi lonjakan covid-19," ujarnya.

Kemudian, pemantauan perkembangan kasus Covid-19 akan dilakukan setiap hari terutama di sekolah. Apabila ada yang terkonfirmasi positif covid-19 di sekolah tersebut akan dilakukan tracking di setiap lokal yang terkonfirmasi.

"Jika ada yang terkonfirmasi, maka rombongan belajar di kelas itu akan diliburkan selama 5 hari dan tracking akan di lakukan, sejauh mana perkembangan penyebarannya," terangnya.

Lajutnya, waktu belajar siswa pada status PPKM level 3, dibatasi hanya 4 jam dalam satu kali pertemuan. Sekolah akan melaksanakan proses pembelajaran dengan cara bergiliran.

"Dalam satu rombongan belajar hanya boleh dilakukan 50 persen dari jumlah siswa, waktu belajar dibatasi hanya 4 jam dalam satu kali pertemuan," ucap Amsakar.

Ia juga menjelaskan, sudah mendapatkan laporan dari Dinas Pendidikan Kota Batam, tingkat penularan Covid-19 siswa di SD dan SMP relatif rendah. "Sesuai laporan dari Dinas Pendidikan, tingkat immun anak-anak sekolah terbilang baik, sehingga penyebaran Covid-19 bagi siswa sekolah relatif rendah," pungkasnya.

Editor: Gokli