Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Covid-19 di Anambas Melonjak, Siswa di 5 Kecamatan Terapkan Belajar dari Rumah
Oleh : Alfredy Sialalahi
Rabu | 23-02-2022 | 14:40 WIB
belajar-online133.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi belajar dari rumah. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kepulauan Anambas mengeluarkan edaran terkait pemberlakuan belajar dari rumah (BDR) untuk 5 kecamatan dimulai dari 23 Februari hingga 5 Maret 2022. Hal ini mengingat melonjaknya kasus terkonfirmasi aktif covid-19 di Kepulauan Anambas.

"Sehubungan dengan bertambahnya kasus covid-19 di Anambas, kami memutuskan untuk memberlakukan BDR di satuan pendidikan 5 kecamatan yaitu, Siantan, Palmatak, Kute Siantan, Siantan Selatan dan Siantan Timur," kata Plt Kepala Disdikpora Kepulauan Anambas, Asiah, Rabu (23/2/2022).

Untuk 5 kecamatan lainnya, yaitu Jemaja, Jemaja Timur, Jemaja Barat, Siantan Tengah dan Siantan Utara masih melakukan belajar tatap muka dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk 5 kecamatan ini, masih tetap melaksanakan belajar tatap muka," ucap Asiah.

Asiah menambahkan, keputusan tersebut belum bisa dipastikan bertahan sampai berapa lama. Namun untuk antisipasi penyebaran covid-19 di lingkungan satuan pendidik, harus terlebih dahulu melakukan keputusan BDR.

"Kita akan lihat seperti apa perkembangannya. Kalau memang semakin parah, mungkin BDR bisa diperpanjang dan mungkin juga meluas menyentuh ke semua satuan pendidik. Kami berharap, ini segera mereda agar proses belajar mengajar lebih maksimal," jelasnya.

Asiah mengakui, kalau proses vaksinasi kepada siswa-siswi di Kepulauan Anambas masih tahap proses. "Memang sudah hampir semua menerima vaksin, tapi masih tahap I. Kita juga tidak berani mengambil resiko, sehingga membuat keputusan seperti ini," tegasnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar mengakui, saat ini jumlah terkonfirmasi aktif covid-19 sudah tembus angka 63 orang. "Kami berharap kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah," ucapnya.

Editor: Yudha