Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Siap Laksanakan Pemilu Serentak 2024
Oleh : Fredy
Selasa | 15-02-2022 | 08:36 WIB
A-PEMILU-KARIMUN.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq usai launching hari pemungutan suara Pemilu serentak tahun 2024 di gedung nasional Karimun. (Foto: Fredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) akan segera dimulai setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan hari pemungutan suara Pemilu serentak tahun 2024, Senin (14/2/2022) malam.

"Dengan adanya launching hari pemungutan suara Pemilu serentak tahun 2024 yang dilakukan KPU RI pada hari ini. Ini menandakan pelaksanaan Pemilu serentak dilaksanakan 14 Febuari 2024," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko usai peluncuran hari Pemilu serentak tahun 2024 di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Senin (14/2/2022) malam.

Eko Purwandoko mengatakan, hari pelaksanaan pemungutan suara dua tahun lagi tetapi dengan launching tersebut tentunya pelaksanaan tahapan menjelang hari pemungutan suara pemilu serentak 2024 sudah harus dilakukan.

"KPU akan melaksanakan tahapan pemilu yang akan dimulai pada bulan Juni 2022 ini," ujar Eko Purwandoko.

Eko menjelaskan, dalam pelaksanaan Pemilu, ada beberapa tahapan yang dilakukan KPU, seperti penetapan daftar pemilih tetap (DPT), tehnis Pemilu, Pendaftaran calon peserta Pemilu dan kampanye.

Terkait anggaran untuk pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024, Eko Purwandoko menyebutkan, anggaran Pemilu akan dibiayai melalui APBN dan masalah anggaran ini tidak menjadi persoalan bagi KPU untuk memulai pelaksanaan tahapan Pemilu.

Ditanya soal berakhirnya masa tugas Komisioner KPU Kabupaten Karimun yang akan berakhir sebelum pelaksanaan Pemilu 2024, Eko Purwandoko menegaskan, hal ini tidak menjadi persoalan.

"Karena saat ini kita masih berpegang pada aturan yang sudah ada dan kita lihat saja nanti kebijakan seperti apa kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, terkait adanya pemekaran kecamatan baru di Kabupaten Karimun yakni Kecamatan Sugi Besar dan Kecamatan Selat Gelam, Eko Purwandoko mengatakan, hal tersebut juga tidak menjadi persoalan.

"Kita lihat nantinya untuk penetapan daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Karimun," tegasnya.

Acara launching hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024 yang disaksikan secara virtual di gedung nasional Tanjungbalai Karimun tersebut dihadiri ketua dan seluruh komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Karimun, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Muhammad Yusup Sirat, FKPD Kabupaten Karimun, perwakilan partai politik, Kesbangpol dan Ketua PWI Karimun, Riadi.

Editor: Dardani