Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indeks Tutup Hari Dengan Naik 25 Poin

Astra International Bawa IHSG Nyaman di Zona Hijau
Oleh : Sumantri
Senin | 14-02-2011 | 17:41 WIB

Batam, batamtoday - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil tampil cemerlang pada sesi penutupan dengan ditunjukkan pergerakan indeks di lantai bursa yang fluktuatif hingga akhirnya bercokol di level 3416, naik 25 poin dari level yang sempat bertengger pekan lalu. Indikator kenaikan indeks ditopang oleh sektor industri yang membukukan kenaikan signifikan sebesar 2,3% dan mendominasi penjualan saham-saham dari emiten yang merumput di bursa pada Senin, 14 Februari 2011.

Johan Effendi, Branch Manager Phillip Sekuritas Batam, kepada batamtoday mengungkapkan IHSG memang sempat bergerak mix, namun akhirnya rebound dan ditutup naik 25 poin pada sesi penutupan sore ini. Kondisi perdagangan hari ini tidak terlalu besar dari sisi volume transaksi, karena pengaruh 'Hari Kejepit Nasional' dan pelaku usaha cenderung melakukan aksi 'Hold' atau menahan saham-saham liquid.

"Hari ini perdagangan boleh dibilang sepi, meski demikian indeks tetap naik dan ini preseden baik dan IHSG masih berada di zona hijau sepanjang hari ini, meski pada siang hari IHSG sempat bergerak mix," ujar Johan Effendi di kantor Phillip Sekuritas Batam Centre.

Alih-alih sepi transaksi, lantai bursa juga mencatat Telkom Indonesia (TLKM), masih menjadi 'Top Loser' untuk perdagangan hari ini, turun drastis dari perbandingan harga pekan lalu. Dan beberapa analis bursa berpendapat, jika kisruh politik di dalam negeri 'dibiarkan', mungkin saja indeks akan kena getahnya.

Sementara itu saham-saham yang bersinar di lantai bursa pada perdagangan hari ini, masih didominasi oleh Astra International (ASII), beberapa saham perbankan dan sektor tambang selainbBatubara.

"Rabu lusa, para pelaku usaha di bursa sepertinya harus mempertimbangkan beberapa sektor antara lain sektor tambang (selain batubara), sektor energi dan saham-saham dari sektor perbankan.