Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RTMC Polda Kepri Wujud Pelayanan Prima Polisi Pada Masyarakat
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 19:36 WIB
rtmc-kapolda.gif Honda-Batam
Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Yotje Mende saat membubuhkan tanda tangan di prasasti peresmian operasi RTMC Polda Kepri.

BATAM, batamtoday - Polda Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (12/7/2012) siang, meresmikan operasi Regional Traffic Management Center (RTMC) Ditlantas Polda Kepulauan Riau (Kepri) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal pelayanan Lalu Lintas.


Peresmian RTMC ini langsung dilakukan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Yotje Mende yang dihadiri Waka Polda Kepri Kombespol Panca Harjana dan tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan pejabat utama Polda Kepri.

Kapolda Kepri menyampaikan, dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat melakukan inovasi menerapkan sistem intregasi yang dilengkapi dengan teknologi komputer yang disebut dengan RTMC. RTMC yang kini hadir di Polda Kepri terintegrasi dengan pihak terkait dan Mabes Polri,  sehingga biila terjadi peristiwa apapun terkait dengan lalu lintas di Kepri yang terpantau, akan terkoneksi langsung.

RTMC ini, tambahnya, menggunakan sarana dan prasarana berupa kamera CCTV yang telah terpasang sebanyak 15 unit yang tersebar di Kepri diantara saat ini Batam, Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun. 

"Untuk titik di Batam, Ditlantas Polda Kepri memasang kamera dengan kemapuan memperbesar gambar hingga 27 kali lipat," terangnya.

Yotje menambahkan bahwa arah kebijakan pembangunan Polri 2005-2025 terbagi dalam 3 tahapan yaitu tahap pertama membangun kepercayaan pada masyarakat yang sudah dilaksanakan pada 2005-2009, tahap kedua yakni membangun kerjasama dengan berbagai pihak sesuai dengan tugas pokok Polri yang telah berjalan sejak 2010-2014.

"Dan tahap ketiga adalah membangun kemampuan pelayanan publik yang unggul dan dipercayai oleh masyarakat 2015-2025," ujarnya.

Menurutnya,  untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya upaya strategis untuk membangun kerjasama dengan semua pihak sesuai dengan tugas pokok sehingga apa yang  menjadi harapan masyarakat dapat tercapai dengan baik.

Dalam laporan yang disampaikan Wadir Lantas Polda Kepri AKBP M Pratama, dikatakan bahwa aktivitas kehidupan masyarakat di Batam semakin tumbuh dan berkembang sehingga perlu dukungan dari teknologi yang maju.

"Saat ini Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri mencanangkan program-program yang menuju pada pelayanan prima, dan salah satunya adalah pengadaan RTMC ini," ujarnya.