Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPI Usulkan KPU Tanjungpinang Buat PPID
Oleh : Agus/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 12:47 WIB
ketua-kpi-kepri.gif Honda-Batam
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Kepulauan Riau, Arif Riajali.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Kepulauan Riau, Arif Riajali dalam waktu dekat akan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang untuk mengusulkan dibentuknya PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi).


"Menyambut datangnya, Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang dan banyaknya warga mengeluh susahnya mendapatkan informasi kegiatan di kantor KPU Tanjungpinang, menjadi alasan KPI untuk meminta lembaga itu untuk membuat PPID," kata Arif, Kamis (12/7/2012).

Menurut Arif suksesnya pesta demokrasi, dipengaruhi dengan adanya PPID yang dapat memberikan informasi bagi siapapun mengenai kegiatan KPU. Selain itu, keberadaan PPID juga mempermudah dan tidak menggangu komponen lain di KPU dalam menjalankan tugas.

"Yang pasti jika adanya PPID atau humas akan sangat membantu KPU dan juga warga maupun wartawan dalam mendapatkan informasi tentang kegiatan Pilwako," kata Arif.

Menurut Arif, KPU dalam masa Pilwako sangat dituntut untuk dapat terbuka dan transparan dalam memberikan data informasi bagi khalayak ramai.

Adanya miskomunikasi terkait mundurnya kepala KPU Hamid Ali dan diduga karena ada intervensi dari pihak lain, sangat disayangkan oleh Arif.

"Seharunya jika sudah dinyatakan siap, KPU harus tanggung resiko selama menjalani pilwako Tanjungpinang bukan, membuat informasi yang tidak betul makai pentingnya gunanya humas yang akan natinya kami usulkan," kata Arif.