Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pola Konsumsi Serba Online, Ini 5 Peluang Bisnis yang Beri Cuan Besar di 2022
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 07-01-2022 | 11:16 WIB
bisnis-makanan-ringan1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi bisnis makanan ringan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pandemi covid-19 memberi peluang bisnis baru bagi siapapun yang mau membukanya. Maklum, sejak pandemi, pola konsumsi masyarakat banyak berubah jadi serba online.

Melihat fenomena perubahan konsumsi itu, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari peluang usaha. Mengutip beautynesia.id, berikut lima jenis peluang usaha yang bisa membuat kita banjir duit di 2022.

A. Affiliate Marketing
Ini adalah sistem bisnis dengan pemberian komisi ketika seseorang berhasil menjual produk barang atau jasa dari suatu merchant atau perusahaan. Dengan kata lain, pelaku bisnisnya hanya perlu menawarkan produk orang lain tanpa pusing memikirkan proses produksi barang tersebut.

Kita juga tidak perlu membayar produk dan memikirkan pengiriman sama sekali.

Dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan berbagai platform media sosial maupun website, kita sudah bisa menjalankan usaha ini dengan lancar. Terlebih, jika kita pandai mengambil hati dan punya skill promosi mumpuni.

Ini dijamin membuat kita semakin banjir komisi

B. Jasa Kursus Online
Semasa pandemi, perusahaan besar membutuhkan tenaga kerja dengan berbagai soft skill untuk bangkit dari keterpurukan akibat covid-19. Akibatnya, muncul peluang profesi baru yang mendorong para pencari kerja untuk beradaptasi dengan mempelajari keahlian baru.

Jika memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang tertentu, jangan ragu-ragu untuk menawarkan jasa pelatihan. Pasalnya, banyak peminat yang lebih memilih pelatihan online dengan alasan lebih praktis dan terjangkau.

Berdasarkan riset Randstad Sourceright, beberapa kursus online yang sedang banyak dicari adalah data analyst, panduan wirausaha online, digital marketing, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya peminat, keahlian bisa dijadikan sumber bisnis yang menjanjikan, lho!

C. Online Shop Skincare
Tren kecantikan memang tidak pernah ada matinya. Setiap hari, penggemar skincare antusias berburu dan mencoba produk terbaru. Tren ini bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dengan berjualan online.

Memang, penjual skincare online sekarang banyak menjamur. Tapi, dengan strategi promosi yang unik dan menarik bisa jadi usaha yang kita jalankan lebih laris dibanding yang lain.

Maklum, skincare sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi perempuan. Asal rajin promosi, dijamin untung bisa di tangan.

D. Bisnis Makanan Ringan
Pola kerja dari rumah alias work form home yang kian populer dan sudah menjadi tren pada masa pandemi juga bisa menjadi ladang bisnis. Apalagi, pola kerja itu diramal masih akan terjadi di 2022.

Nah, yang mau memanfaatkan peluang ini untuk mendulang uang, tak ada salahnya mencoba bisnis makanan ringan.

Sepele memang. Pasalnya, produk camilan murah harganya. Tapi camilan berpotensi menghasilkan untung besar karena camilan biasa dibeli dalam jumlah banyak.

Untuk bisnis ini, kita bisa memakai strategi bundling atau menawarkan promo untuk pembelian jumlah tertentu. Asalkan konsisten, kamu bisa meraup untung besar dari bisnis sederhana ini.

E. Freelance Digital Marketing
Transaksi jual beli online yang kian marak membuat para pebisnis semakin kompetitif dalam berjualan. Kualitas produk saja, sering tidak cukup menarik pembeli.

Kualitas harus diimbangi promosi guna memikat konsumen. Nah, berkaitan dengan promosi ini, digital marketing bisa menjadi ladang cuan.

Jika tidak mau repot-repot menjual barang, kita bisa menawarkan jasa digital marketing pada UMKM yang membutuhkan jasa pengolahan media sosial maupun strategi marketing bagi produk mereka.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha