Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tenaris Hydril Batam Alokasikan Rp 532 Juta untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan
Oleh : Putra Gema
Rabu | 08-12-2021 | 17:36 WIB
merit-award.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tenaris Hydril Batam saat mengadakan Merit Award untuk siswa berprestasi di Batam, Rabu (8/12/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Hydril Indonesia melalui Tenaris Hydril Batam terus berkontribusi dalam program investasi sosial mendukung peningkatan mutu pendidikan di Kota Batam.

Perusahaan manufaktur aksesoris pipa baja serta layanan terkait lainnya yang mendukung industri energi Indonesia ini, kembali menyelenggarakan Merit Award dan donasi untuk renovasi sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah MAN Insan Cendekia Batam, Rabu (8/12/2021).

Plant Senior Manajer Tenaris Hydril Batam, Arif Teguh Raharjo mengatakan, Merit Award merupakan salah satu program investasi sosial perusahaan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kawasan Kota Batam.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dengan memberikan solusi dalam pendidikan dan sejalan dengan program investasi sosial. Tenaris juga mengalokasikan sebagian besar dananya untuk meningkatkan kualitas pendidikan para siswa-siswi berprestasi di Kota Batam.

Dijelaskannya, Merit Award sendiri berbeda dengan beasiswa, hal ini karena Merit Award merupakan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi dengan capaian terbaik di sekolahnya.

"Tahun ini, program Merit Award diberikan kepada 108 siswa dari 9 sekolah terdiri dari 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan total nilai lebih dari Rp 315 juta," kata Arif.

Lanjut Arif, program ini merupakan program ke-6 yang diadakan di Kota Batam dan ke-13 kalinya diadakan di Indonesia. Bersamaan dengan Merit Award, hari ini Tenaris Hydril Batam menyerahkan dana sejumlah Rp 217,5 juta untuk renovasi sekolah di SMKN 5 Batam.

"Ini merupakan kali ke-5 program ini diadakan di Batam. Donasi sudah diberikan untuk SMK Al-Jabar, SMPN 17 Batam, SMKN 6 dan SMK Penerbangan Batam," ujarnya.

Selain di Kota Batam, program donasi ini juga sudah dilakukan di Cilegon setiap tahunnya, di mana pabrik Tenaris beroperasi. Tak hanya dari program Merit Award dan donasi untuk renovasi sekolah, Tenaris juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui Program Pendidikan Roberto Rocca Education Program.

"Tenaris juga menginisiasi program pelatihan kerja kepada masyarakat sekitar Cilegon bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Serang," tutupnya.

Sekedar diketahui, Tenaris adalah pemasok utama pipa tabung dan layanan terkait untuk industri energi dunia dan sejumlah aplikasi industri lainnya.

Sebagian besar konsumen Tenaris adalah perusahaan minyak dan gas terkemuka di dunia dan memiliki pendapatan mencapai US $ 5,1 miliar pada tahun 2020. Dengan mempekerjakan sekitar 19.000 orang di seluruh dunia, Tenaris sudah mengoperasikan jaringan terpadu pembuatan, fasilitas produksi, finishing dan pelayanan industri pipa baja yang beroperasi di Amerika, Eropa, Timur Tengah, Asia, Afrika dan layanan langsung dilapangan pada sebagian besar pasar minyak dan gas bumi.

Tenaris mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1994, Tenaris telah menandatangani perjanjian dengan PT Seamless Pipe Indonesia Jaya (SPIJ) di Cilegon dan PT Hydril Indonesia pada tahun 1998 di Batam.

Aliansi ini mengarah kepada integrasi penuh pada tahun 2009. Konten lokal Tenaris melebihi 40 persen (TKDN + BMP) dan dicantumkan oleh MIGAS dalam Buku Apresiasi Produk Dalam Negeri. "Tenaris memiliki lebih dari 500 karyawan di Indonesia yang bekerja di dua pabrik penguliran, kantor pusat dan pusat pelayanan," tutupnya.

Editor: Gokli