Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Ada Temuan Varian Omicron di Kepri
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-12-2021 | 13:36 WIB
kepala_balai-budi-santoso-01.jpg Honda-Batam
Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, melaporkan adanya temuan corona varian baru bernama Omicron. Sementara varian ini belum ditemukan di Batam dan Indonesia keseluruhan.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, yang melakukan pemeriksaan sampel Covid-19 dari rombongan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Sejauh ini belum ditemukan varian baru dari rombongan PMI yang masuk melalaui Pelabuhan Batam Center," ujar Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa, Rabu (08/12/2021).

Ia mengatakan, BTKLPP memberikan perhatian khusus kepada rombongan PMI yang baru pulang dari negara tetangga untuk menjalani karantina di Rusunawa Badan Pengusahaan (BP) dan Pemko Batam.

Apabila adanya sampel PMI yang dinyatakan positif, maka sampel ini akan diperiksa sekali lagi bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) demi memastikan jenis Covid-1 yang dibawa oleh PMI.

"Memang harus dipastikan supaya ada upaya antisipasi. Sampel PMI yang dicurigai kita kirim ke Litbangkes untuk diperiksa lagi apakah masuk varian atau non varian," ujarnya.

Sampel PMI yang masuk ke BTKLPP fluktuatif diangka 300 hingga 500 sampel. Sebagian kecil dari sampel-sampel tersebut dinyatakan positif Covid-19, dan sampel positif inilah yang diteliti lagi untuk memastikan.

"Sebenarnya sudah sejak awal kita perketat pemeriksaan sampel PMI ini. Termasuk dengan meluasnya varian Alpha dan Delta di beberapa negara beberapa waktu lalu. Sekarang muncul lagi Omicron makanya kita perketat lagi," pungkasnya.

Editor: Yudha