Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Raih Juara Umum Popda ke IV Provinsi Kepri
Oleh : Khoiruddin Nasution/Dodo
Senin | 09-07-2012 | 11:51 WIB

KARIMUN, batamtoday – Kontingen Kota Batam akhirnya meraih juara Umum pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Kepri ke IV yang diselenggarakan di Kabupaten Karimun 2-7 Juli 2012. 


Selanjutnya, seluruh peserta peraih medali emas tadi, akan di kirim sebagai perwakilan kontingen Provinsi Kepri pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Regional I di Sumatera Utara pada November 2012 nanti.  

Sementara, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat provinsi Kepri ke V, akan diadakan di Kabupaten Bintan pada 2014 mendatang.   

Acara penutupan yang juga sekaligus penyerahan hadiah kepada masing-masing kontingen Kabupaten/Kota se provinsi Kepri tersebut, berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) indoor Balai Serdang Tanjung Balai Karimun, Sabtu (7/7/2012) pukul 21.00WIB malam, usai pertandingan final volley putra antara kontingen Batam dan kontingen Bintan, yang semakin memperkukuh kemenangan kontingen Kota Batam.

Pada kejuaran popda Provinsi Kepri ke IV kali ini, Kota Batam meraih 22 Emas, 20 Perak dan 10 Perunggu. Sedangkan Kota Tanjungpinang meraih 18 Emas, 20 Perak dan 9 Perunggu. Sementara Kabupaten Lingga  meraih 14 Emas, 14 Perak dan 15 Perunggu. Dan Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah mendapat peringkat ke 4 dengan total medali 14 Emas, 6 Perak dan 25 Perunggu. 

Di peringkat ke 5 diduduki Kabupaten Bintan dengan total medali Emas 8, Perak 11 dan Perunggu 21. Selanjutnya Kabupaten Anambas hanya mampu meraih 4 medali Emas dan 9 medali Perunggu. Dan di tempat terakhir di raih Kabupaten Kepulauan Anambas  dengan perolehan medali Perak sebanyak 1 serta medali Perunggu sebanyak  4. Sehingga total keseluruhan medali untuk Popda ke IV tingkat Provinsi Kepri kali ini sebanyak 78 Emas, 78 Perak dan 93 Perunggu.

Gubernur Kepri yang diwakili Bupati Karimun, Nurdin Basirun mengharapkan agar peserta peraih medali emas tidak terlena dengan kemenangan yang diraihnya. Sebab pada november 2012 mendatang akan dikirim mengikuti Popwil Regional I di Sumatera Utara. 

“Bagi pemenang harus lebih giat berlatih, untuk mengharumkan Kepri di ajang Popwil nanti. Jangan terlena dengan prestasi yang diraih sekarang ini,”ujarnya.

Pada penutupan Popda IV tingkat Provinsi Kepri kali ini, turut hadir dari masing-masing kepala daerah. Dan di akhir penyerahan hadiah serta piala bergilir , Bupati Karimun, DR Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si melakukan salam komando dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau, Drs HZ Dadang AG MSi serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Drs Muslim Bidin MM.