Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengganti Tengku Dahlan Belum Diajukan ke Mendagri
Oleh : Charles/Dodo
Sabtu | 07-07-2012 | 17:48 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyatakan belum menerima surat pengunduran diri Tengku Dahlan dari jabatan Sekretaris Daerah Tanjungpinang dan penggantinya belum diajukan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.


Hal itu dibenarkan Kepala BKD Provinsi Kepri Buralimar dan Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Doli Boniara kepada batamtoday, Sabtu (7/7/2012).

"Karena Sekda merupakan jabatan struktural PNS maka secara teknis pengajuan dan disposisinya melalui BKD. Namun sampai saat ini, kami juga belum menerima tembusan," kata Doli.

Biasanya, kata Doli, surat pengajuan pergantian dan penonaktifan Sekda dari tingkat II ditujukan pada Gubernur dan didisposisi biasanya ke SKPD terkait. Kalau pejabat negara yang diganti merupakanGubernur, Bupati, Wali Kota, dan DPRD, maka hal tersebut menjadi tugas Biro Pemerintahan.

Di tempat terpisah, Kepala BKD Provinsi Kepri Buralimar juga mengatakan hal yang sama, kalau sampai saat ini pihaknya belum menerima surat pengajuan dan penonaktifan Tengku Dahlan sebagai Sekdako Tanjungpinang.

"Sampai sore kemarin saya belum ada menerima surat pengajuan dan penonaktifan Sekda dari Kota Tanjungpinang," kata Buralimar.

Sebagaimana yang disampaikan KPU Kota Tanjungpinang, sejak pendaftaran masuk dalam bursa calon wali kota dan wakil wali kota, Sekdako Tanjungpinang Tengku Dahlan sudah mengajukan pengunduran diri dan  hal tersebut sudah diketahui oleh Wali Kota Tanjungpinang.

Sayanganya, Pokja Pencalonan KPU Tanjungpinang sebelumnya tidak pernah secara terbuka menyatakan adanya administrasi surat pengunduran diri  Tengku Dahlan pada admnistrasi persyaratan yang diajukan pasangan Maya Suryanti-Tengku Dahlan tersebut, demikian juga tiga anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri, hingga hal itu menjadi bahan perdebatan di kalangan masyarakat.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Tanjungpinang, Hendro yang dikonfirmasi batamtoday dengan surat pengunduran diri dan pemberitahuan masing-masing calon itu, hingga berita ini diunggah enggan memberikan jawaban.