Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi BP Batam, Kemenko Perekomian Bahas Kerja Sama Sub Regional IMT - GT
Oleh : CR-8
Jumat | 19-11-2021 | 21:20 WIB
Asdep-Netty.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Netty Muharni saat kunjungan kerja ke BP Batam, Jumat (19/11/2021). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian diwakili Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Netty Muharni melakukan kunjungan kerja ke BP Batam, Jumat (19/11/2021).

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Marketing Center BP Batam itu membahas mengenai kerja sama Sub Regional IMT - GT (Indonesia, Malaysia, Thailand - Growth Triangle), yang nantinya dapat mendukung pembangunan di Batam. Pasalnya, kerja sama ini melibatkan semua provinsi di Sumatera, Semenanjung Malaysia dan 14 provinsi di Thailand.

Asdep Netty menyampaikan, dalam kerja sama IMT-GT ada tujuh sektor yang dikerjasamakan, yaitu sektor perdagangan dan investasi; pariwisata; pertanian; perhubungan, ICT; lingkungan dan sektor halal park. Namun, dalam pembahasan kali ini lebih memprioritaskan beberapa project prioritas dalam kerja sama IMT-GT untuk lima tahun ke depan seperti Nongsa Digital, Halal Park dan Batam Green City.

"Pembahasan hari ini lebih memprioritaskan project lima tahun ke depan," tegas Netty.

Adapun peran BP Batam dan Pemko Batam dalam hal ini sebagai pelakasana project di lapangan dengan harapan bisa merealisasikan project itu. "Tentunya dalam kerja sama ini Pemerintah Daerah itu sebagai pelaksana untuk merealisasikan project," kata dia.

Sementara Direktur KEK dan KPBPBB, Irfan Syakir Widyasa menyampaikan, seluruh provinsi di Sumatera, seluruh provinsi di Semenanjung Malaysia dan 14 provinsi di Thailand itu bagian dari kerja sama ini dan BP Batam membuka peluang kerja sama antar Kawasan FTZ yang ada, dari semua sektor unggulan, yaitu Kawasan Nongsa Digital.

"Di tahap satu, dari sepuluh slot yang ada, sudah ada dua investor yang mengisi dan delapan investor sudah melakukan pemesanan (reserved). Ini juga sejalan dengan pembangunan infrastruktur di Kota Batam yang gencar dalam beberapa tahun terakhir ini dan juga pelayanan perizinan mudah dan online," jelasnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Asdep yang datang ke sini untuk menyerap aspirasi terkait kerja sama IMT-GT ini. BP Batam memprioritaskan Kawasan Digital Nongsa sebagai sektor unggulan, dan ditambah lagi dukungan pembangunan infrastruktur yang gencar beberapa tahun terakhir ini," tutupnya.

Editor: Gokli