Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR akan Jadi Tuan Rumah Sidang Excom AIPA
Oleh : Surya Irawan/Dodo
Jum'at | 06-07-2012 | 15:48 WIB

JAKARTA, batamtoday - DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang Executive Committee (Excom)  Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dan Sidang ke-9 Asean Inter-Parliamentary Assembly Fact Finding Committee (AIFOKOM) yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, tanggal 8 hingga 12 Juli 2012 mendatang.


Sidang ini akan dihadiri 10 negara anggota AIPA yakni, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Filipina, Laos, dan Singapura.

Sidang ini akan dibuka hari Senin (9/7/2012) yang akan dibuka Ketua DPR RI Marzuki Alie yang sekaligus sebagai Presiden AIPA periode 2011-2012 dan dihadiri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Surahman Hidayat mengatakan, sidang Excom akan membahas dan mempersiapkan agenda items yang akan dibahas pada Sidang Umum ke-33 AIPA bulan September mendatang di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Usulan Indonesia terhadap agenda Excom adalah, Establishment Cooperation between AIPA and Asean Foundation dan Relation and Cooperation between AIPA and Pan African Parliament.

Sedang Sidang AIFOKOM merupakan pertemuan tahunan yang membahas upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh parlemen anggota AIPA dalam memberantas kejahatan narkoba.

Dalam sidang AIFOKOM ini, kata Surahman, akan menghadirkan 3 (tiga) nara sumber yakni, Kepala Badan Narkotika Nasional Gories Mere, Ouengseng Fixay Chairman of Asean Senior Official an Drug Matters dan Gray Sattler, Country Advisor HIV Indonesia.

Surahman mengatakan, pada Sidang AIFOKOM ini masing-masing delegasi akan menyampaikan Country Progress Report tentang penanganan drug control di masing-masing negara.

DPR RI akan menyampaikan dua draft resolusi pada Sidang AIFOKOM  yakni Draft resolution on the Role of Parliamentarians in Controlling Drug Demand and Supply Reduction and The Plan of Action to Combat the Drug Meance Consistent with the Asean Vision dan Draft Resolution on the Esrablishment of Technical Working Group of AIFOKOM.

Dalam rangka sosialisasi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sidang Umum yang akan berlangsung September mendatang, BKSAP pada 21 Juni lalu mengadakan Seminar AIPA yang mengambil tema “Enhancing The Asean Transformation into a Solid Community”.

Seminar tersebut bertujuan untuk menerima masukan dari pakar-pakar terkait mengenai apa yang merupakan tantangan dan harapan Indonesia menuju Asean Community 2015, serta membangkitkan rasa Asean-ness kepada publik terkait, anggota Parlemen terutama dan publik mengenai komitmen mewujudkan Asean Community pada 2015.