Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Sagulung Usulkan Gedung Mangkrak Dijadikan Sekolah
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 06-07-2012 | 12:47 WIB
rsud-lama.....gif Honda-Batam
Gedung RSUD Batam lama yang mangkrak diusulkan untuk dijadikan sekolah.

BATAM, batamtoday - Penerimaan siswa baru menggunakan sistem online dengan kuota 160 siswa di beberapa sekolah kecamatan Sagulung membuat permasalahan tersendiri bagi warga. Pasalnya, penetapan kouta tersebut membuat sebagian besar anak didik akan tersisih dan terancam tak dapat melanjutkan sekolah. Sehingga, para tokoh masyarakat dari kecamatan tersebut mengusulkan beberapa gedung mangkrak dijadikan sekolah negeri.


Gedung mangkrak yang diusulkan menjadi sekolah tersebut yakni gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) lama, dan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di daerah Sagulung kota depan Pasar Fanindo, Batuaji. Keberadaan gedung ini tak lebih dari sekedar sarang hantu karena lama tak diberdayakan.

Yunasmen, Sekretaris LPM di Kelurahan Sagulung Kota mengatakan penetapan kuota online sebanyak 160 siswa seperti yang terjadi di SMPN 36 Sei Binti tak mampu mengakomodir jumlah peserta didik sekitar sekolah. Selain penetapan kuota yang perlu direvisi ulang, jumlah penduduk yang semakin bertambah juga perlu membutuhkan gedung sekolah baru. Sehingga, ada baiknya jika gedung-gedung mangkrak tersebut dijadikan sekolah.

"Kalau kami usulkan pembangunan gedung baru, pasti akan terkendala dengan lahan. Sementara beberapa gedung milik pemerintah masih banyak yang tak diberdayakan, oleh karena itu alangkah lebih baik dijadikan sekolah negeri," papar Yunasmen, Jumat (6/7/2012).

Menurut Chandra, ketua RW01 Sagulung Kota, jumlah sekolah di Kecamatan Sagulung sudah tidak mampu menampung jumlah peserta didik. Pasalnya untuk gedung SDN hanya 13 unit, SMPN 4 unit, SMAN 2 unit dan SMKN 1 unit. Sementara jumlah penduduk kecamatan tersebut per Desember 2011 mencapai 155 ribu jiwa.

"Dari jumlah penduduk dengan keberadaan sekolah jelas sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga, perlu penambahan gedung baru dalam hal ini pemberdayaan gedung mangkrak," paparnya.

Usulan ini, kata Chandra merupakan keinginan dari semua masyarakat Sagulung. Selain memberdayakan gedung mangkrak juga akan memajukan mutu pendidikan warga selaku generasi penerus bangsa.

"Usulan ini atas permintaan semua warga, karena gedung sekolah yang kurang juga pemberdayaan gedung mangkrak," sebutnya.

Pantauan batamtoday di lokasi RSUD lama, terlihat bangunan yang sudah tak terurus. Dari bentuk bangunan dan banyaknya ruangan sangat memungkinkan dijadikan gedung sekolah. Selain itu luas wilayahnya juga mendukung untuk dijadikan sekolah.