Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

20 WNA Afganistan Kembali Mogok Makan
Oleh : Agus/Dodo
Jum'at | 06-07-2012 | 11:02 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebanyak 20 warga negara asing asal Afghanistan yang menghuni Rumah Detensi Imigrasi Tanjungpinang kembali menggelar mogok makan pada Kamis (5/7/2012) sekitar pukul 21.00 WIB malam tadi.


Aksi mogok makan itu diketahui setelah petugas Rudenim menemukan dua dua imigran yang mengalami lemas dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Midiyato Tanjungpinang untuk dilakukan perawatan.

Sementara itu, sekitar 18 orang yang lainya, yang dirasa masih stabil diminta untuk makan, dan diberi obat, olehh para petugas Rudenim.

"Aksi mogok makan ini bukan kali pertama dilakukan oleh para WNA asal Afghanistan. Jadi mengenai hal ini mungkin sudah menjadi rutinitas tahanan di dalam Rudenim yang mengharapkan bebas," kata Kepala Rudenim Tanjungpinang Yusuf Junaid.

Yusuf juga mengatakan para imigran tersebut setelah diberi penanganan berupa pemberian infus langsung dikembalikan ke Rudenim dan diminta untuk tidak berulah lagi.

Yusup juga mengakui, kalau makanan yang diberikan selalu dalam kondisi baik, namun terlalu banyaknya tuntutan dari imigran Afghanistan yang belum ada respons dari duta besarnya membuat pihaknya sulit memutuskan status WNA tersebut.