Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Mulai Mengalami Kenaikan
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 30-10-2021 | 18:44 WIB
GM-BUBU-Bambang-S.jpg Honda-Batam
GM Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Hang Nadim Batam terus meningkat sejak 25 Oktober 2021.

General Manager (GM) Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono menjelaskan, meski tidak signifikan, peningkatan calon penumpang mulai beranjak naik.

Dijelaskannya, untuk tanggal 25 Oktober 2021, sebanyak 3.009 penumpang tiba di Batam melalui Bandara Hang Nadim. Sedangkan untuk keberangkatan, sebanyak 2.934 penumpang melakukan keberangkatan ke berbagai daerah.

"Peningkatan mulai terjadi di tanggal 26 Oktober 2021, di mana pada saat itu sebanyak 3.701 orang tiba di Bandara Hang Nadim Batam dari berbagai daerah. Untuk yang berangkat meningkat ke angka 3.543 penumpang," kata Bambang, Sabtu (30/10/2021).

Selanjutnya, pada 26 Oktober 2021 penumpang di Bandara Hang Nadim Batam juga mengalami kenaikan, namun angka ini masih berada di bawah jumlah penumpang pada 25 Oktober 2021. Sebanyak 3.176 orang tiba di Kota Batam, sedangkan untuk keberangkatan sebanyak 3.272 penumpang berangkag melalui Bandara Hang Nadim Batam. Angka yang sama juga terjadi pada 27 Oktober 2021.

"Jumlah penumpang kembali meningkat pada 28 Oktober 2021, di mana sebanyak 3.545 penumpang berangkat melalui Bandara Hang Nadim Batam dan 2.896 penumpang tiba di Batam dari berbagai daerah di Indonesia," tegasnya.

Selain itu, untuk mempermudah para calon penumpang, pihaknya juga menyediakan fasilitas baru, yakni mesin tes validasi PCR.

Alat validasi tes PCR ini dinilai lebih efisien karena lebih mengirit waktu dan tidak perlu lagi melakukan validasi secara manual kepada petugas Bandara Hang Nadim. "Terkait dengan fasilitas terbaru dari Bandara Hang Nadim Batam, sebulan lalu kita tambahkan alat tes validasi PCR. Jadi masyarakat yang akan melakukan penerbangan ke daerah, validasi ini sangat memudahkan dan tidak perlu lagi melakukan validasi dengan petugas," ungkapnya.

Lanjut Bambang, cara penggunaannya juga cukup mudah, di mana setiap calon penumpang hanya perlu menginput nomor induk KTP dan lokasi tujuan keberangkatan di layar monitor yang sudah tersedia di depan pintu keberangkatan.

"Selanjutnya calon penumpang hanya perlu memfoto hasil data yang keluar bahwa telah PCR. Foto itu yang ditunjukan kepada petugas di pintu keberangkata, jadi lebih efisien dan tidak perlu melakukan validasi dengan petugas secara manual," lanjutnya.

Dengan begitu, dirinya menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi, agar kedepannya setiap calon penumpang yang akan melakukan keberangkatan di Bandara Hang Nadim Batam merasa lebih nyaman.

Editor: Gokli