Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPDB di SMP Negeri 36 Batam

Kuota 160 Orang, Pendaftar Capai 301
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 05-07-2012 | 15:16 WIB

BATAM, batamtoday - Pendaftaran siswa baru melalui sistim online di SMP Negeri 36 sudah mencapai 301 orang. Padahal, kuota yang diterima dalam sistem online ini hanya 160 siswa. Artinya, sekitar 141 orang pendaftar bakal tersisi, dan hal ini salah satunya yang diperjuangkan oleh ratusan orang tua siswa sehingga datang beramai-ramai ke sekolah tersebut, Kamis (5/7/2012) sekitar pukul 12.00 WIB.


Efrizal, komite SMP Negeri 36 Sei Binti, Sagulung di lokasi mengatakan setelah penerimaan siswa sistim online ditutup, pada tanggal 5 Juli 2012 sekitar pukul 12.00 WIB tercatat 301 siswa yang sudah mendaftar. Padahal sesuai dengan kuota yang akan diterima hanya 160 siswa.

"Saya selaku komite sekolah berharap supaya siswa yang sudah mendaftar ini jangan ada yang tersisi, meskipun memang melebihi kuota," katanya.

Berbeda dengan itu, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 36, Dra Ratna Dewi Rafika mengatakan mereka tak dapat berbuat banyak lantaran yang dapat membuat keputusan hanya pihak Dinas pendidikan. Selagi belum ada instruksi maka yang dapat diterima di sekolah tersebut hanya kuota yang sudah ditentukan.

"Kuotanya 160 orang pak untuk empat rombongan belajar, jadi sebelum ada instruksi dari pihak Disdik kami tak bisa berbuat banyak,"jelasnya.

Memang, kata Ratna pada tahun lalu sekolahnya menampung sekitar 300 siswa untuk tujuh rombongan belajar. Tapi, hal ini mereka lakukan setelah ada instruksi dari pihak Disdik. Jadi untuk tahun ini, sebelum ada instruksi maka penerimaan siswa tetap pada jumlah kuota yang sudah ditentukan.

"Tahun lalau pendaftar diterima semua untuk tujuh rombongan belajar setelah ada instruksi pihak Disdik. Sekarang, belum ada instruksi jadi kami hanya berpaku pada kuota sistim online," paparnya.