Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pegawai BP Kawasan Diduga Kerap Palsukan Buku Pelaut
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 05-07-2012 | 14:28 WIB
buku_pelaut.jpg Honda-Batam
Ilustrasi buku pelaut.

BATAM, batamtoday - Walter, salah satu pegawai BP Kawasan yang  bertugas di kantor Syahbandar Batam diduga kuat kerap melakukan pemalsuan buku pelaut. Tidak hanya buku pelaut yang dipalsukan, Walter disebut juga melakukan penipuan.


Hara, salah satu korbannya mengatakan, bahwa ketika dirinya mengurus buku pelaut yang hilang, dirinya didatangi Walter mengaku sebagai anggota Syahbandar. Untuk dapat memiliki buku pelaut kembali, dia diminta uang sebesar Rp300 ribu oleh Walter. Namun janji satu jam hingga seminggu lamanya buku pelaut Hara tidak juga diterimanya dari Walter.

"Ketika itu, saya dijanjikan dalam waktu satu jam saja akan selesai. Tapi setelah ditunggu berjam-jam buku pelaut saya tidak juga diserahkan. Katanya kepala Syahbandar tidak berada di tempat," kata Hara, Kamis (5/7/2012).

Ketika itu, kata Hara kembali, Walter menjanjikan keesokan harinya buku pelaut miliknya sudah bisa diterima. Setelah didesak dengan berbagai cara, seminggu kemudian, Rabu (4/7/2012) katanya buku pelaut miliknya baru diserahkan Walter. Setelah dilihat buku pelaut yang diserahkan oleh Walter ada beberapa keganjilan dalam lembaran buku pelaut tersebut.

Buku pelaut yang diterimanya dari Walter, tambahnya, penuh dengan tambalan kertas yang diperbarui dengan tulisan baru. Sehingga kecurigaannya muncul pada buku pelaut tersebut.

"Setelah saya tanyakan kepada beberapa orang pegawai Syahbandar, kayanya buku pelaut itu palsu. Tapi Walter tetap menyakinkan saya kalau buku pelaut yang diurusnya adalah asli ditandatangani langsung oleh Kepala Syahbandar Batam, bapak Jhon Kennedy," ujarnya kepada wartawan.

Hingga berita ini diunggah, Walter belum bisa dikonfirmasi karena ponsel yang bersangkutan tidak aktif.