Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Bersiap Buka Pintu Sepenuhnya untuk Turis Asing Akhir Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-10-2021 | 14:04 WIB
A-Gunung-Mulu-Malaysia.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu icon destinasi wisata di Malaysia. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Malaysia bersiap untuk bisa sepenuhnya membuka kembali perbatasan untuk masuknya turis internasional pada awal Desember mendatang.

Begitu kata Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia Nancy Shukri, Rabu (27/10/2021) ketika menanggapi pertanyaan di parlemen tentang kapan seluruh negara akan dibuka kembali untuk pariwisata internasional.

Ia menyatakan bahwa pemerintah ingin mengamati terlebih dahulu perkembangan gelembung perjalanan (travel bubble) internasional percontohan Langkawi, yang dimulai 16 November mendatang, sebelum membuka kembali seluruh negara.

Nancy juga menyatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan protokol kesehatan untuk Langkawi.

"Jika kelihatannya oke dan meskipun kami sudah menyatakan tiga bulan (untuk masa pengamatan), saya rasa tidak sampai tiga bulan," ujarnya.

"Saya merasa kita bisa membuka kembali lebih awal dari itu. Jadi kami berdoa semoga ini bisa terjadi dalam waktu dekat, setelah 16 November dan mungkin awal Desember," sambungnya.

Ia menegaskan bahwa itu bukan janji semata, melainkan ada uppaya nyata yang dilakukan di baliknya.

"Kami akan bekerja keras (untuk pembukaan kembali)," ujarnya, seperti dikabarkan Channel News Asia.

Pada kesempatan yang sama, Nancy juga menanggapi pertanyaan beberapa anggota parlemen tentang memperkenalkan gelembung perjalanan di bagian lain negara yang serupa dengan di Langkawi.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani