Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Kualifikasi AFC

Indonesia Otimis Menangi Laga Kontra Australia
Oleh : Redaksi/Mg
Kamis | 05-07-2012 | 10:29 WIB
Timnas_u22.jpg Honda-Batam
Skuad timnas U22 saat latihan di Stadion Utama Riau, foto:ligaprima

PEKANBARU, batamtoday - Laga perdana kualifikasi AFC U22, Timnas Indonesia lansung menui ujian berat. Pasalnya Andik Vermansyah CS harus lansung berhadapan dengan tim unggulan, Australia yang diperkuat pemain-pemain berkualitas.


Dalam pertandingan yang akan digelar malam ini, Kamis(5/7/2012), di Stadion Utama Riau (Siaran Lansung SCTV pukul 19.00WIB), Indonesia akan menerapkan pola serangan balik cepat.

Asisten Pelatih Timnas, Lestiadi mengatakan, sesuai rencana, pelatih AJi Santoso akan menempatkan dua gelandang bertahan ditambah tiga gelandang serang di depan untuk membantu pergerakan Andik Vermansyah.

"Mungkin formasi 4-2-3-1 menjadi pilihan utama untuk memenangi pertandingan. Dengan persiapan yang maksimal, optimisme tinggi pasti ada di dalam tim,"tambahnya.

Meski materi pemain Australia dianggap berada di atas tim Garuda Muda, Liestiadi menegaskan tak gentar. Baginya, hasil dan perjuangan di atas lapangan yang akan menentukan hasil akhir.

"Bagi kami tak ada pemain hebat jika sudah di atas lapangan. Anak-anak sudah siap. Waktu sebelum pemusatan latihan cukup panjang untuk tim kami. Kami optimistis,"ucapnya.

Menurutnya, Andik Vermansyah dkk sudah mematangkan strategi melawan Australia sesuai instruksi pelatih kepala Aji Santoso. Menantangi pemain lawan yang memiliki postur lebih tinggi, Timnas U-22 akan mengandalkan kecepatan dan permainan bola pendek satu-dua sentuhan. Di sisi lain, antisipasi bola atas yang kemungkinan akan dimainkan Timnas Australia juga sudah dimatangkan. 

"Anak-anak sudah siap. Kami memiliki keunggulan tersendiri di kecepatan. Itu yang akan kami maksimalkan. Kami juga mengincar gol cepat di menit awal,"tegasnya.

Selain itu, Timnas juga berharap dukungan yang besar dari publik Pekanbaru. Liestiadi yakin dukungan penonton tuan rumah akan meningkatkan semangat bertanding anak didiknya sekaligus memberikan tekanan kepada tim Australia.

Sementara itu, Timnas Australia semakin percaya diri menjelang laga perdana. Itu setelah mereka mengetahui kalau salah satu pemain yang diandalkan Timnas, Septia Hadi, dari klub ISL Sriwijaya FC, tak jadi turun.

"Saya tahu dia tidak jadi bermain. Saya sangat senang mendengar kabar itu. Kami optimistis menghadapi tim kalian," ujar pelatih Timnas U-22 Australia, Paul Okhon dalam sesi jumpa pers.