Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabel Penahan Jembatan Keropos, BP Batam Salahkan Warga
Oleh : Ocep/Dodo
Rabu | 04-07-2012 | 15:09 WIB
Jembatan_Barelang.jpg Honda-Batam
Jembatan I Barelang.

BATAM, batamtoday - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengkhawatirkan kondisi Jembatan I Barelang yang kerap dijahili pengunjung yang merusak kabel penyangga jembatan.


Istono, Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, mengungkapkan saat ini kabel penyangga atau pree stress sudah banyak yang mengalami kerusakan berupa pengelupasan pembungkus kabel yang akan menimbulkan kabel berkarat.

Kerusakan itu diperkirakan sudah mencapai 40% dari keseluruhan kabel penyangga.

"Kami mengkhawatirkan tangan jahil yang merusak kabel, sudah banyak yang rusak hingga 40%," ujar Istono, Rabu (4/7/2012).

Menurutnya, akibat kerusakan ini akan memudahkan air masuk ke struktur dalam kabel penyangga lalu menyebabkan berkarat, kemudian akan mengurangi kekuatan kabel untuk menyangga badan jembatan dan tiang penyangga.

Ia justru tidak terlalu mengkhawatirkan jika banyak kendaraan yang berjubel di sepanjang jalan Jembatan karena masih mampu menahan beban kendaraan.

"Akibat kejahilan ini, permukaan kabel jadi terbuka dan mudah kemasukkan air lalu berkarat, tidak sebanding dengan kendaraan yang berjubel," ujarnya.

BP Batam, lanjut dia, sejauh ini hanya mampu menghimbau pengunjung agar tidak merusak kabel penyangga tersebut.

Disamping sedang menyusun anggaran perbaikan kabel termasuk akan memasang pagar tinggi di sepanjang pinggir Jembatan agar pengunjung tidak bisa lagi menjangkau kabel penyangga.

"Sekarang harus cepat segera diperbaiki, kami sedang memperjuangkan anggarannya," tambahnya.