Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pulang dari Papua, Kontingen Kepri Jalani Karantina di Batam Center
Oleh : Hadli
Jumat | 15-10-2021 | 09:10 WIB
PON-Papua-XX.jpg Honda-Batam
PON Papua XX. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jayapura - Usai berlaga di PON XX Papua, seluruh atlet beserta rombongan asal Kepri akan menjalani karantina di Batam selama beberapa hari.

Wakil Sekretaris Umum KONI Kepri, Amri mengatakan altlik dan rombongan terbagi menjadi dua kloter. Kloter pertama akan berangkat dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021) dan kloter kedua akan berangkat dari Jayapura, Sabtu (16/10/2021).

"Kloter pertama adalah yang terbesar dengan jumlah sebanyak 35 orang. terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial kontingen Kepri. Untuk rombongan kedua sebanyak 22 orang," kata Wakil Sekretaris Umum KONI Kepri, Amri, Kamis (14/10/2021).

Sebelum kembali, rombongan kedua akan mengikuti upacara penutupan terlebih dahulu. Sebanyak 16 orang dari kontingen Kepri akan mengikuti defile dan sisanya mengikuti upacara penutupan PON XX Papua sebagai undangan.

Amri menjelaskan atlet dan pelatih kontingen Kepri ada yang sudah kembali ke daerah asal dikarenakan jadwal pertandingan sudah usai.

"Kontingen Kepri yang telah menyelesaikan pertandingan telah kembali ke daerah masing-masing. Seperti futsal, taekwondo, wushu, atletik, menembak, dan beberapa cabor lainnya telah pulang ke Kepri, melalui Bandara Hang Nadim, Batam," ucap Amri.

Terkait kepulangan kontingen, Amri menjelaskan sesuai edaran gugus tugas Covid-19, Kontingen Kepri akan menjalani karantina. "Karantina yang dijalani selama lima hari di salah satu hotel di Batam Center," tegasnya.

Setiban di Bandara Hang Nadim, kontingen Kepri akan dijemput oleh Dispora Kepri untuk menjalani karantina selama lima hari, sebelum diizinkan kembali ke kediaman masing-masing.

Karantina ini dilakukan sehubungan dengan merebaknya kasus positif Covid-19 di beberapa kluster pertandingan. Untuk mencegahnya, pemerintah mengambil langkah tegas untuk melakukan karantina kontingen yang pulang berlaga di PON XX Papua.

"Kontingen Kepri akan mengikuti arahan sesuai dengan surat edaran. Dispora Kepri akan memfasilitasi kepulangan dan karantina kontingen Kepri," tutup Amri.

Editor: Yudha