Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditinggal Ngojek, Rumah Ilyas Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Rabu | 04-07-2012 | 14:12 WIB

BATAM, batamtoday - Ilyas (42), warga RT 1/ RW 5 Kampung Seraya atas hanya bisa meratapi rumah tempat tinggalnya yang kini hanya tinggal puing yang rata dengan tanah usai dilalap si jago merah, Rabu (4/7/2012) sekitar pukul 12.30 WIB.


Ketika peristiwa kebakaran terjadi, rumah dalam keadaan kosong ditinggal korban yang bekerja sebagai tukang ojek ini. Akibatnya seluruh harta benda satupun tak berhasil diselamatkan karena rumah dalam keadaan terkunci.

Beruntung api tak menjalar ke rumah yang lainnya, atas kesigapan warga sekitar yang bergotong akhirnya api dapat dipadamkan.

"Api berasal dari dapur rumah, awalnya hanya asap tapi lama kelamaan makin membesar," ujar Bunga, salah satu saksi mata di lokasi kejadian.

Beruntung, lanjut Bunga, selain warga yang bersama-sama gotong-royong memadamkan api, hujan yang mengguyur Kota Batam ikut meringankan warga mematikan api.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari BP Kawasan dan satu unit dari Pemko Batam hanya melakukan penyemprotan pendinginan ke lokasi kebakaran sebab api terlebih dulu dipadamkan warga.

Ilyas, pemilik rumah ketika ditanya terkait peristiwa kebakaran yang dialaminya itu baru mengetahui setelah dikabari oleh tetangganya karena waktu itu sedang bekerja.

"Saya lagi ngojek, baru mengetahui rumah saya terbakar setelah ditelpon tetangga," terangnya.

Disinggung batamtoday, berapa kerugian yang dialaminya itu, Ilyas belum bisa memastikan berapa kerugian, yang jelas harta benda tak satupun berhasil diselamatkan.

"Semua barang habis terbakar, bahkan semua surat-surat penting. Rumah dalam keadaan kosong, istri saya di Malaysia bekerja, sedangkan anak saya titipkan di tempat saudara karena lagi libur sekolah," terangnya.

Pantauan batamtoday, petugas PBK masih sibuk terus melakukan pendinginan di lokasi kebakaran, selain itu arus lalu lintas di lokasi tampak macet karena menjadi tontonan pengendara kendaraan yang melintas.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja, Iptu Hendrianto ketika dikonfirmasi batamtoday tentang penyebab kebakaran menyatakan pihaknya masih menyelidiki dari mana api berasal.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, masih dalam tahap penyelidikan," ujar Hendrianto singkat.