Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

25 Anak di Pulau Akar Ikuti Khitanan Massal
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Rabu | 04-07-2012 | 11:51 WIB

BATAM, batamtoday - Raut wajah Harianto (12), bocah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar di Pulau Akar, Kecamatan Bulang ini tampak sumringah menunggu namanya dipanggil dalam antrian acara khitanan massal yang digelar PT Ansari Shipping, Rabu (4/7/2012).


Harianto, adalah satu dari 25 anak di Pulau Akar yang mendapatkan bantuan kesempatan untuk dikhitan sebagai wujud syukur dan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu yang diberikan oleh PT Ansari Shipping Group.

Satria, Direktur PT Ansari Shipping mengatakan melalui acara khitanan massal ini adalah bentuk rasa syukur yang diperoleh perusahaannya untuk berbagi kepada masyarakat kurang mampu dalam hal ini ditujukan kepada masyarakat pulau.

"Acara ini adalah bentuk rasa syukur kami atas rezeki yang diberikan dan selanjutnya disalurkan kepada masyarakat kurang mampu dalam hal ini masyarakat pulau," terang Satria.

Acara khitanan massal ini, lanjut Satria, merupakan kegiatan pertama yang baru mereka laksanakan dan kedepan akan dijadikan agenda rutin untuk menyalurkan bantuan sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu.

"Ini adalah acara pertama kali yang kita laksanakan, berikutnya akan kita jadikan agenda tahunan, tak hanya dalam bentuk acara khitanan tapi acara sosial lainya," lanjut pria asal Tanjung Batu ini.

Disinggung batamtoday, mengapa acara ini dilakukan untuk anak-anak pulau, Satria menjelaskan, sebab acara khitanan massal di daerah perkotaan sudah biasa, untuk itu mereka memilih pulau untuk meringankan beban para orang tua yang mayoritas adalah nelayan.

"Kalau menggelar khitanan massal di daerah kota itu hal yang biasa, tetapi jika kita menggelar di pulau baru sesuatu yang luar biasa. Sebab melalui acara ini kami bisa meringankan bebab orang tua mereka yang sebagian besar adalah nelayan," terangnya.

Tak hanya diikuti anak-anak dari Pulau Akar, acara khitanan massal ini dikuti juga oleh anak-anak dari pulau-pulau sekitar antara lain Pulau Panjang, Pulau Setokok dan Pulau Lance.

Sementara itu, Lurah Setokok, Ahmad Yani yang turut hadir dalam acara khitanan massal ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap PT Ansari Shipping yang telah berbagi menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui acara ini.

"Kami sebagai wakil dari Pemerintah Kota Batam mengucapkan terima kasih kepada PT Ansari Shipping atas bantuan sosial terhadap masyarakat pulau melalui acara khitanan massal ini," ujar Ahmad Yani.

Namun, lanjut Ahmad Yani, acara ini tak hanya dilakukan di Pulau Akar saja tapi dapat dilaksanakan ke pulau-pulau lainnya di Kecamatan Bulang baik dalam acara serupa maupun acara bakti sosial lain.

"Kedepan kalau ada acara sosial lagi yang dilakukan mohon dapat dilaksanakan di pulau-pulau lain di Kecamatan Bulang, dan tak hanya oleh PT Ansari Shipping tapi dapat dikuti perusahaan lain," terangnya.

Selain khitanan masal, anak-anak Pulau Akar yang mengikuti acara ini juga mendapatkan bantuan berupa santunan uang tunai, kain sarung dan bingkisan.