Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Laga Indonesia vs Australia

Indonesia Kalah Kualitas, Namun Diprediksi Menang Stamina
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 04-07-2012 | 09:54 WIB
Indonesia vs Australia.jpg Honda-Batam
Kapten Timnas Indonesia U-22, Andik Vermansyah, foto:Ligaprima

PEKANBARU, batamtoday - Jelang laga kualifikasi piala Asia (AFC) antara Indonesia berhadapan dengan Australia, besok, Kamis(5/7/2012), pelatih Aji Santoso sepertinya kehabisan akal. Sejumlah pemain dari ISL yang sebelumnya diharapkan dapat memenuhi panggilan membela Garuda, ternyata ditarik kembali oleh klubnya.


Kini Aji Santoso hanya berharap pada sejumlah pemain muda dari IPL yang notabene masih memiliki pengalaman minim. Sementara tim yang akan dihadapi pada pertandingan perdana adalah Australia yang memiliki segudang pemain hebat. 

Datang ke Pekanbaru, Australia membawa kekuatan 23 pemain. Dua diantaranya adalah pemain dari Liga Inggris, masing-masing Giancarlo Gallifuoco dari Tottenham Hotspur dan Aaron Lennox dari Queens Park Rangers.

Sementara itu, Indonesia malah menurunkan dua pemain amatir yang dicomot dari atlet PON. Satu-satunya pemain Indonesia U-22 yang memiliki jam terbang cukup lumayan hanya kapten Andik Vermansyah. Sedangkan sebagian besar pemain yang akan diturunkan adalah skuad yang sama pada saat gagal meraih tropi Hassanal Bolkiah Februari 2012 lalu.

Namun demikian, mungkin Aji Santoso sedikit berlega. Pasalnya cuaca panas di Kota Pekanbaru mungkin akan jadi faktor non tehnis yang bisa jadi membawa Indonesia mampu meladeni perlawanan Australia. 

Persoalan cuaca sudah dikeluhkan pelatih Australia, Paul Okon.

"Secara materi kekuatan tim sangat berimbang. Hanya saja kami sedikit khawatir dengan cuaca Indonesia yang sangat panas. Kondisi ini berbeda dengan Australia yang memasuki musim dingin," ujar Paul saat tiba di Pekanbaru.

Kendala cuaca bagi Australia tentu tidak menjadi masalah bagi timnas Indonesia. "Indonesia cukup bagus dan perlu diperhitungkan. Bermain di rumah sendiri menjadi pelecut semangat tersendiri," tutur Paul.

Australia berada di Grup E bersama Indonesia, Jepang, Singapura, Timor Leste dan Macau. Diantara itu, Jepang termasuk tim favorit juara bersama Australia. 

"Poin penuh tetap dikejar untuk mengamankan posisi pada laga selanjutnya," ketusnya.