Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Starbucks Indonesia Lanjutkan Komitmen untuk People, Planet, Coffee di Hari Kopi Sedunia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-10-2021 | 11:05 WIB
starbuck14.jpg Honda-Batam
Starbuck. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pada Hari Kopi Sedunia tahun ini, partner (karyawan) Starbucks di Indonesia mengambil momen ini untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang membuat kopi menjadi begitu bermakna serta apresiasi untuk bumi tempat kita berbagi.

Starbucks memperkenalkan empat kreasi barista terbaik yang dibuat khusus oleh partner yang telah berkompetisi di kejuaraan internal tingkat regional. Partner juga mengadakan loka karya bersama petani kopi di Pulau Samosir, Sumatera Utara, dan menyerahkan donasi bibit pohon kopi sebagai wujud komitmen pengembangan kopi dan kesejahteraan petani kopi Indonesia.

"Di hari spesial yang spesial, Starbucks mengambil kesempatan ini untuk menunjukkan rasa terima kasih kami kepada planet tempat kita berada serta orang-orang yang berperan penting dalam menghadirkan kopi. Melalui kegiatan ini, kami bercita-cita untuk terus menginspirasi semua orang agar menghargai proses dibalik setiap secangkir kopi yang kita nikmati," jelas Anthony McEvoy, pemimpin Starbucks di PT Sari Coffee Indonesia, Jumat (1/9/2021).

1. Empat Kreasi Barista Idol's
Sejak awal, Starbucks berkomitmen untuk mewujudkan budaya inklusif di tempat kerja yang akan berkontribusi pada keberhasilan partner (karyawan) maupun bisnis. Pada Maret lalu, barista dari Indonesia mengikuti kompetisi internal Starbucks tingkat Asia Pasifik untuk menunjukkan semangat dan keterampilan mereka dalam meracik minuman handcrafted yang inovatif dan unik. Hasilnya, empat kreasi barista Indonesia berhasil masuk dalam 30 besar.

Bertepatan dengan Hari Kopi Sedunia, kami memperkenalkan keempat karya tersebut sebagai kreasi Barista Idol's. Cicipi kenikmatan yang memberikan kejutan karena setiap kreasi tercipta dari seorang barista yang mencurahkan hati dan semangatnya ke dalam minuman yang menjadikannya lebih dari sekadar minuman; Tiramisu Coffee Frappuccino®, Cinnamon Roll Frappuccino®, Iced Buttery Nut Macchiato dan Iced Speculaas Mocha. Nikmati keempat kreasi ini di semua gerai Starbucks di Indonesia serta layanan delivery mulai 1-31 Oktober 2021.

2. Donasi Bibit Pohon Kopi
Pada peringatan 19 tahun Starbucks bersama PT Sari Coffee Indonesia yang diperingati bulan Mei lalu, Starbucks mengumumkan komitmen donasi satu bibit pohon kopi untuk setiap pembelian minimal Rp 85.000 dari seluruh gerai di Indonesia. Dari partisipasi yang terkumpul, hari ini 44.000 bibit pohon kopi telah diserahkan secara simbolis. Donasi ini akan diberikan kepada petani kopi Indonesia melalui Starbucks Farmers Support Center di Brastagi, Sumatera Utara. Bibit tersebut kemudian akan didistribusikan ke kelompok tani yang telah terverifikasi menerapkan Praktik C.A.F.E. (Coffee and Farmers Equity practices).

Starbucks Farmers Support Center selalu menerapkan pendekatan ini untuk memperoleh hasil kopi secara etis. Melalui pendekatan ini, hasil pembudidayaan tanaman kopi menjadi lebih terukur dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, serta memastikan mata pencaharian dan kualitas hidup para petani kopi turut meningkat seiring dengan hasil dan kualitas kopi mereka. Secara bersama-sama, standar ini membantu para petani menanam kopi dengan cara yang lebih baik bagi mereka dan juga planet ini.

3. Loka Karya bersama Petani Kopi
Misi Starbucks untuk menginspirasi dan memelihara semangat kemanusiaan telah bertumbuh semakin erat lewat hubungan unik para partner (karyawan) dan petani kopi. Rasa hormat dan kepedulian mereka terhadap petani kopi merupakan sebuah prioritas. Pada kesempatan ini, partner berbagi pengetahuan lewat loka karya teknik manual brewing bersama dengan petani kopi dan keluarganya di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Editor: Yudha