Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Skuad Garuda Muda Siap Hadapi Kualifikasi AFC
Oleh : Redaksi/bolanews
Selasa | 03-07-2012 | 09:54 WIB

PEKANBARU, batamtoday -  Pelatih Tim Nasional Indonesia U-22, Aji Santoso, menyatakan bahwa hingga kini skuadnya tak bertambah. Tim yang akan berlaga di dalam babak kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E, masih tetap berjumlah 23 pemain, dimana sebagian besar merupakan pemain IPL


"Sebagian besar pemain yang ada berasal dari IPL. Tujuh lainnya dari pemain amatir Divisi satu dan pemain PON," katanya. 

Pelatih yang sukses membawa Indonesia menjadi runner up kompetisis Hassanal Bolkiah beberapa waktu lalu itu juga menegaskan bahwa skuad timnas U-22 masih minus pemain ISL. Sampai saat ini, sejumlah pemain dari klub ISL masih belum bergabung karena telah ditarik kembali oleh klub masing-masing. Tiga nama pemain Persija ISL yang dikabarkan ikut pemusatan, sepertinya batal karena ada surat edaran dari PSSI tandingan versi La Nyala yang melarang tim ISL menyertakan pemainya di timnas. 

Dengan begitu, Aji pun memastikan bahwa ke-23 pemain itulah yang akan memperkuat Indonesia di kualifikasi Piala Asia Grup E yang juga diikuti Jepang, Australia, Singapura, Makau, dan Timor Leste.

"Untuk kerangka tim sendiri sudah ada. Adapun formasi, kemungkinan besar saya akan menggunakan formasi 4-2-3-1," jelas Aji.

Di dalam babak kualifikasi yang akan digelar di dua stadion: Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharudin Siregar, 5-15 Juli, timnas Indonesia sendiri akan melakoni lima pertandingan.

Pada pertandingan pembuka, Indonesia akan bertemu Australia (5 Juli). Kemudian secara berturut-turut, Indonesia akan menghadapi Timor Leste (7 Juli), Makau (10 Juli), Jepang (12 Juli), dan Singapura (15 Juli).

Andik Vermansyah Didaulat Jadi Kapten

Baru tiba, gelandang serang Persebaya, Andik Vermansyah langsung mendapat kepercayaan dari tim pelatih tim nasional Indonesia U-22. Seperti yang disebutkan sang nahkoda timnas U-22, Aji Santoso, Andik dipercaya menjadi kapten tim yang akan berlaga di babak Kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Riau, 5-15 Juli mendatang.

Menurut Aji, penunjukkan Andik sebagai pemimpin di lapangan sendiri bukan tanpa alasan. Salah satu yang mendasari, yakni Andik merupakan pemain muda yang sudah merasakan banyak kompetisi baik di dalam maupun di luar.

"Yang pertama, ia merupakan pemain berpengalaman. Pengalamannya jauh dibanding yang lain," kata Aji.

"Kedua, ia merupakan pemain senior, paling tidak ia sudah lama di timnas. Dengan kenyataan seperti itu, kami berharap ia bisa menjadi panutan pemain lainnya," sambung mantan pemain Persebaya itu.

Dengan penunjukkan itu, Aji juga mengkonfirmasi bahwa Andik akan langsung turun di laga perdana melawan Australia, Kamis (5/7/2012), meski sebelumnya baru pulih pasca-pemulihan cedera engkel.

"Awalnya, saya sendiri belum dapat memastikan apakah Andik bisa langsung turun. Tapi setelah saya bertanya kepadanya, saya percaya ia dalam kondisi fit. Selama pemulihan Andik sendiri rutin melakukan latihan. Jadi, saya pikir sepertinya Andik sudah dapat diturunkan." pungkas Aji.