Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Adu Penalti Spanyol 4-2 Portugal

Spanyol Melaju ke Final Usai Singkirkan Portugal
Oleh : Redaksi/Mg
Kamis | 28-06-2012 | 09:47 WIB
Spanyol_vs_Portugal.jpg Honda-Batam

Punggawa Spanyol merayakan keberhasilan mereka melaju ke final EURO 2012, foto:Gettyimages

DONESK, batamtoday - Timnas Spanyol melaju ke final EURO 2012 usai berhasil menyingkirkan Portugal dini hari tadi, Kamis(28/6/2012). Tiket ke puncak EURO bukan mudah di dapat, Spanyol harus melakoni pertandingan hingga 120 menit, sebelum akhirnya ditentukan melalui drama adu penalti yang berakhir 4-2 untuk kemenangan tim asuhan Vicente Del Bosque ini.

 

Dari awal pertandingan, aroma gengsi cukup kental terlihat. Baik Spanyol maupun Portugal ingin menunjukan sebagai yang terbaik. 

Babak pertama berlansung alot. Namun Spanyol terlihat lebih dominan. Permainan taka-tiki diperagakan La Furia Roja. Tapil sebagai pengatur serangan di lini tengah, pelatih Del Bosque memasang trio Iniesta, Xavi dan David Silva. Namun yang mengejutkan, mantan pelatih Real Madrid itu tidak memasang striker utama, Fernando Tores. Ia justru memilih Alvaro Negredo yang selama ini duduk dibangku cadangan. 

Hasilnya, lini depan Spanyol seolah kehilangan predator. Beberapa peluang tercipta justeru bukan dari kaki Negredo, melainkan dari Iniesta dan David Silva. Setidaknya sejumlah peluang di babak pertama tidak satupun mampu dikonversi menjadi gol. 

Disisi lain, Portugal bukan tampil tanpa perlawanan. Ronaldo cs, menerapkan gaya permainan serangan balik yang cepat. Namun kedua tim harus menerima hasil 0-0 hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama.

Memasuki babak kedua, Spanyol meningkatkan tekanan mereka. Pelatih Vicente Del Bosque mencoba merubah strategi. Ia memasukkan Cesc Fabregas untuk menggantikan Alvaro Negredo di lini depan. Ternyata taktik ini bekerja cukup baik. Spanyol secara perlahan menemukan kembali permainan mereka. 

Selain itu mereka juga mulai bisa merangsek ke lini pertahanan Portugal. Sayang, buruknya penyelesaian akhir membuat Spanyol gagal mencetak gol. Skor 0-0 akhirnya bertahan hingga waktu normal habis. 

Akibat hasil imbang tersebut, pertandingan pun mesti dilanjutkan ke babak tambahan waktu untuk menentukan siapa yang lolos ke partai puncak.

Di babak ekstra time, Spanyol semakin agresif. Selain itu, mereka juga meningkatkan tempo permainan agar bisa mencetak gol. Beberapa peluang tercipta semisal sepakan Andres Inesta pada menit ke-113 di depan gawang Portugal. Sayang kesigapan Rui Patricio membuat La Furia Roja gagal mencetak gol di dua kali babak 15 menit ekstra time. 

Akhirnya pertandingan dilanjutkan ke adu penalti. Xabi Alonso yang menjadi eksekutor pertama timnas Spanyol ternyata gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Suporter Spanyol sempat tegang ketika tendangan bintang Real Madrid ini mampu ditepis kiper Portugal. 

Namun pada gilirannya, penendang pertama Portugal juga mengalami nasib sama. Tendangan Joao Moutinho berhasil ditepis Casillas. Skor 0-0 masih bertahan untuk kedua tim. 

Penendang kedua Spanyol, Andreas Iniesta tampil meyakinkan. Gelandang asal Barcelona ini dengan dingin menceploskan bola ke gawang. Spanyol 1-0 Portugal. Giliran Penendang kedua Portugal. Pepe yang tidak lain bintang Real Madrid maju sebagai algojo. Sontak, tendangan kerasnya berhasil memperdaya kiper Spanyol yang juga rekan satu timnya di klub. Spanyol 1-1 Portugal. 

Pada kesempatan ketiga, Spanyol menunjuk bek jangkung yang juga sering mencetak gol, Gerard Pique sebagai eksekutor. Hasilnya, pacar artis Shakira ini berhasil membuat gol. 2-1 Spanyol kembali unggul. Pada kesempatan yang sama, Portugal sejatinya menunjuk Bruno Alves. Ia bahkan sudah sempat berjalan ke arah kotak penalti, hanya saja tiba-tiba Nani mencoba menggantikannya. Bintang asal klub MU itu tiba-tiba mengambil alih giliran Bruno Alves. Dengan sangat dingin, Nani berhasil membuat skor 2-2. Tendangan kerasnya sempat dibaca Casillas hanya saja reaksi kiper Spanyol ini terpaut beberapa detik sehingga bola meluncur deras ke gawangnya.

Pada kesempatan keempat, Spanyol menunjuk Sergio Ramos sedangkan Portugal kembali menunjuk Bruno Alves yang sebelumnya digantikan Nani. Hasilnya, Ramos berhasil menendang dengan baik, sedangkan Alves yang dari awal raut wajahnya penuh dengan ketegangan gagal. Tendangan Alves membentur mistar gawang. Spanyol 3-2 Portugal. Giliran suporter Portugal yang makin tegang.  

Pada kesempatan terakhir, Cesc Fabregas menjadi penentu. Bintang muda asal Barcelona ini ditunjuk sebagai algojo. Fabregas memilik mengarahkan bola ke sisi kanan kiper Portugal. Tendangan datar sempat membentur sisi kanan gawang, namun bola memantuk ke jala. Gol!, Spanyol memastikan kemenangannya. Skor 4-2 tidak mungkin bisa dikejar dengan menyisakan satu kesempatan tendangan.

Hasil ini membuat Spanyol memastikan diri melaju ke Final untuk kedua kalinya secara berturut-turut.