Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Batam Kebanjiran Order
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 06-07-2021 | 15:09 WIB
A-ALI-PEDAGANG-SAPI_jpg2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pedagang Hewan Kurban di Tembesi, Kota Batam, Ali Mustafa saat ditemui BATAMTODAY.COM, Selasa (6/7/2021). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski di tengah pandemi Corona, para penjual hewan kurban mulai bermunculan di beberapa titik di Kota Batam. Mereka mengaku mengalami peningkatan jumlah pesanan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang.

Salah satunya, Ali Mustafa, seorang penjual hewan kurban di bilangan Tembesi, Kecamatan Sagulung saat ditemui BATAMTODAY.COM, Selasa (6/7/2021).

"Walaupun lebaran haji masih beberapa pekan lagi, namun pesanan hewan kurban khususnya sapi dan kambing lokal di tempatnya mulai kebanjiran orderan," kata Ali.

Peningkatan pesanan hewan kurban, tambahnya, mulai mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pasalnya, dalam beberapa minggu terakhir, ia mampu menjual kurang lebih seratus ekor sapi.

Ali menjelaskan, ia sudah dari jauh hari dihubungi oleh para panitia kurban. "Alhamdulillah beberapa ekor sudah dipesan, dan yang mesan sapi dan kambing kebanyakan dari panitia kurban.

Pria yang tinggal tidak jauh dari kandangnya itu menyediakan aneka jenis hewan kurban. Di antaranya Sapi Bali dan Kambing yang didatangkan langsung dari Lampung dan Jambi.

Sapi dan Kambing kurban di kandangnya, kata Ali, dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 18,5 juta hingga Rp 40 juta. Sementar harga kambing berkisar antara Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 5 juta.

"Kisaran harga hewan kurban ini tergantung ukuran dan jenisnya," ungkap dia.

Para pelanggan, lanjutnya, sudah jauh hari memesan hewan kurban untuk menghindari lonjakan harga. Sebab ia memperkirakan, harga hewan kurban akan terus mengalami kenaikan yang signifikan seminggu sebelum hari raya.

Editor: Dardani