Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inggris 2-4 Italia

Italia Lolos ke Semifinal Lewat Drama Adu Pinalti
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 25-06-2012 | 09:33 WIB

KIEV, batamtoday - Timnas Italia sukses melaju kebabak semifinal Euro 2012 menantang Jerman usai mengalahkan Inggris 4-2 lewat drama adu penalti. Sebelumnya kedua tim bermain imbang 0-0 bahkan saat babak perpanjangan waktu hasil tak berubah, hingga tiket ke semifinal harus ditentukan lewat adu pinalti.

Dalam pertandingan yang dilansungkan di Kiev Olympic Stadium, Senin (25/6/2012) dini hari WIB, Italia tampil menyerang sejak menit pertama. Tak hanya menyerang, Italia juga berusaha mengontrol jalannya laga dengan menguasai penguasaan bola.

Berbekal taktik itu, Italia sukses menciptakan beberapa peluang. Salah satunya tendangan Daniele De Rossi dari luar kotak penalti pada menit keempat. Namun, ketatnya pertahanan Inggris membuat usaha-usaha yang dilakukan Azzurri tak berbuah gol. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Italia bermain lebih agrsif. Namun, masalah yang mereka alami masih sama dengan babak pertama. Inggris yang memilih menunggu bola membuat Italia sulit menembus kotak terlarang. Kondisi itu semakin diperburuk dengan kebiasaan penyerang Italia yang sering membuang-buang peluang. Pada akhirnya skor 0-0 bertahan. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak ekstra time.

Di babak ekstra time, Italia tak mengendurkan serangannya. Mereka terus menekan pertahanan Inggris dalam dua kali babak perpanjangan waktu. Walau demikian, peluang yang mereka hasilkan tak juga berbuah gol karena pertahanan ketat Inggris.

Suporter Italia sempat bersorak-sorai pada menit ke-115. Ketila itu umpan silang Alessandro Diamanti sukses disambar oleh Antonio Nocerino di muka gawang Inggris. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Nocerino sudah berada dalam posisi off-side. Skor 0-0 bertahan hingga penghujung ekstra time sehingga laga mesti dialnjutkan lewat adu penalti.

Di adu penalti, empat pemain Italia, Andrea Pirlo, Antonio Nocerino, dan Alessandro Diamanti, berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Sementara Inggris hanya dua, yaitu Steven Gerrard dan Wayne Rooney. Hasilnya Italia melaju ke semifinal dengan keunggulan 4-2 dari Inggris di adu penalti.

Hasil adu penalti:

  1. 0-1 Mario Balotelli (Italia)    - gol
  2. 1-1 Steven Gerrard (Inggris)    - gol
  3. 1-1 Riccardo Montolivo (Italia) - gagal - meleset ke sisi kanan gawang
  4. 2-1 Wayne Rooney (Inggris)      - gol
  5. 2-2 Andrea Pirlo (Italia)       - gol
  6. 2-2 Ashley Young (Inggris)      - gagal - Kena mistar
  7. 2-3 Antonio Nocerino (Italia)   - gol
  8. 2-3 Ashley Cole (Inggris)       - gagal - ditangkap Gianluigi Buffon2-4 Alessandro Diamanti (Italia)- gol

Dengan hasil tersebut, maka Italia berhak atas tiket ke semifinal dimana timnas Jerman sudah menunggu sebagai lawan berikutnya.