Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengejutkan, Prancis Tersingkir dari Euro 2021 Lewat Adu Penalti
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-06-2021 | 09:40 WIB
mbappe111.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penampilan Kylian Mbappe di Euro 2020 tidak sesuai prediksi banyak orang. (Pool via REUTERS/MARKO DJURICA)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Swiss melangkah ke babak perempat final Euro 2020 (Euro 2021) usai menang 5-4 atas Prancis dalam adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 3-3 di babak 16 besar di Stadion Nasional Arena, Selasa (29/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Swiss memberikan kejutan kepada Prancis dengan unggul lebih dahulu lewat sundulan Haris Seferovic pada menit ke-15 usai menerima umpan silang Steven Zuber dari sisi kiri.

Prancis baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-57 melalui sepakan Karim Benzema yang memanfaatkan assist Kylian Mbappe.

Dua menit berselang, Benzema mencetak gol keduanya ke gawang Swiss. Gol itu bermula dari umpan terobosan ciamik Mbappe kepada Antoine Griezmann.

Penyerang Barcelona itu lalu melob bola yang bisa ditepis Sommer. Akan tetapi, bola justru mengarah kepada Benzema yang berada di tiang jauh. Dengan sundulan, Benzema membawa Prancis berbalik unggul pada menit ke-59.

Paul Pogba menambah penderitaan Swiss pada menit ke-75. Bola rebound tendangan Benzema yang diblok pertahanan Swiss mengarah ke Pogba.

Tanpa kesulitan Pogba melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri atas gawang Swiss yang tidak bisa dijangkau Yann Sommer.

Tidak ingin disingkirkan Prancis begitu saja, Swiss terus memberikan perlawanan pada sisa pertandingan. Hasilnya, Seferovic mencetak gol keduanya pada laga itu dengan sundulan memaksimalkan umpan silang Kevin Mbabu dari sisi kanan.

Kemenangan Prancis yang sudah di depan mata dibuyarkan Mario Gavranovic yang membawa Swiss menyamakan skor jadi 3-3 pada menit ke-90. Gol Gavranovic itu merupakan hasil umpan terobosan Granit Xhaka.

Di babak tambahan, Kingsley Coman sempat memberikan ancaman. Tetapi tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Swiss pada menit ke-98.

Moussa Sissoko sebenarnya memiliki peluang gol pada menit ke-101. Akan tetapi, tendangan voli Sissoko usai mendapat bola dari sisi kiri masih jauh dari target.

Peluang itu mungkin bisa mendapatkan hasil yang berbeda apabila Sissoko bisa lebih dulu mengontrol bola dengan baik sebelum melepaskan tembakan.

Kylian Mbappe membuang peluang emas Les Bleus guna kembali unggul 4-3 atas Swiss pada menit ke-110. Pada saat itu, Mbappe menerima umpan terobosan Pogba.

Usai lolos dari kebatan offside, Mbappe dalam posisi yang ideal mencetak gol, akan tetapi, tendangan kaki kirinya justru masih menyamping di sisi kiri gawang Swiss.

Olivier Giroud yang masuk di babak kedua mendapatkan peluang gol terbaiknya pada menit ke-119. Hanya saja, sundulan Giroud menyambut umpan silang Presnel Kimpembe bisa ditangkap Sommer.

Tanpa gol di babak tambahan, duel Prancis vs Swiss di babak 16 besar Euro 2020 dilanjutkan ke adu penalti.

Gavranovic sukses membawa Swiss unggul lebih dahulu di babak adu penalti. Paul Pogba kemudian menyamakan skor usai mengecoh Yan Sommer yang bergerak ke kiri.

Dengan tenang Fabia Schar kembali membawa Swiss unggul 2-1 dalam adu penalti. Giroud yang jadi penendang kedua Prancis mengubah skor sama kuat 2-2.

Manuel Akanji dengan jeli memanfaatkan posisi Lloris yang sudah mati langkah, skor 3-2 untuk Swiss. Marcus Thuram memaksa kedudukan kembali imbang 3-3.

Lloris sebenarnya bisa menepis tendangan Ruben Vargas. Namun bola yang terlalu kencang tetap masuk ke gawang, 4-3 untuk Swiss. Tendangan Kimpembe ke kiri bawah membuat Prancis kembali menyamakan kedudukan.

Admir Mehmedi membawa Swiss unggul 5-4. Akan tetapi, Mbappe yang jadi penendang terakhir Prancis gagal menjalankan tugasnya. Tendangan Mbappe ke sisi kanan bisa ditepis Sommer. Swiss melangkah ke perempat final Euro 2020 usai menang 5-4 dalam adu penalti.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha