Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bidik Lulusan Terbaik Indonesia, UNDP Buka Program Graduate Trainee
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-06-2021 | 10:12 WIB
UNDP-Indonesia1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

UNDP Indonesia. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - UNDP mengajak lulusan terbaik Indonesia untuk bergabung ke program kerja internasional UNDP Graduate Programme yang dibuka minggu ini. Program ini menyasar para lulusan terbaik Indonesia dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta baik dalam dan luar negeri untuk penugasan kerja di kantor UNDP di seluruh dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara prioritas dalam UNDP Graduate Programme karena masih minimnya profesional dari Indonesia yang berkarir di UNDP dalam skala internasional. Program ini mensyaratkan lulusan S2 dengan maksimal 1 tahun pengalaman, atau lulusan sarjana dengan pengalaman kerja maksimal 2-3 tahun.

Para peserta yang lulus seleksi akan menjalani program selama 2 tahun, dan di akhir dari masa program, para peserta akan mampu berkompetisi dalam posisi-posisi yang relevan di dalam UNDP baik secara nasional maupun internasional.

Selain Indonesia, ada 50 Negara prioritas lainnya dalam program ini, diantaranya adalah Algeria, Botswana, Cambodia, Djibouti, Fiji, Iran, Iraq, Kazakhstan, Kiribati, Lesotho, Maldives, Marshall, Thailand, Timor-Leste, Vanuatu, dan Yemen.

Fase pilot dari program ini melibatkan 2 cohort, dengan 22 posisi untuk cohort pertama. UNDP Graduate Programme akan berkolaborasi dengan Cappfinity, perusahaan yang berpengalaman dalam rekrutmen pegawai.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa UNDP akhirnya meluncurkan Graduate Progamme untuk meningkatkan keberagaman dalam lingkungan kerja dan memberikan kesempatan pembelajaran dan pengembangan karir yang dinamis bagi para lulusan. Saya mengajak anda untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai program kami," ujar Achim Steiner, Pemimpin Global UNDP

UNDP Graduate Program akan memperkuat kapasitas institusi, terutama dalam menjawab tantangan kesenjangan kompetensi dan keahlian, dengan fokus untuk mendukung agenda 2030, akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan peran integrasi yang efektif. Selain itu, UNDP juga serius dalam menindaklanjuti inklusi terhadap kelompok rentan, seperti kelompok masyarakat disabailitas dan pelibatan generasi muda dalam sektor pembangunan internasional untuk #NextGenUNDP.

Proses pendaftaran ditutup tanggal 4 Juli 2021. Untuk informasi lebih lanjut terkait proses rekrutmen beserta syarat dan ketentuan, silahkan kunjungi https://www.undp.org/careers/types-opportunities/undp-graduate-programme.

Editor: Yudha