Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prancis Menang Tipis 1-0 Atas Jerman Lewat Gol Bunuh Diri Mats Hummels
Oleh : Redaksi
Rabu | 16-06-2021 | 10:52 WIB
prancis-jerman1.jpg Honda-Batam
Mats Hummels cetak gol bunuh diri di babak pertama. (Pool via REUTERS/ALEXANDER HASSENSTEIN)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Prancis menang tipis 1-0 atas Jerman dalam laga Grup F Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Allianz Arena, Rabu (16/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Keunggulan Prancis itu didapat di babak pertama lewat gol bunuh diri Mats Hummels di menit ke-20 setelah salah mengantisipasi umpan Lucas Hernandez.

Prancis terus meningkatkan serangan di babak kedua. Pada menit ke-52, Adrien Rabiot mendapat umpan terobosan dari Kylian Mbappe. Akan tetapi, Rabiot seperti ragu-ragu dalam menyerang langsung ke pertahanan Jerman.

Setelah berhasil mencapai kotak penalti Jerman, Rabiot melepaskan tendangan kaki kiri, namun bola membentur tiang dekat. Peluang lebih bagus bisa didapat Prancis seandainya Rabiot memberikan bola kepada Griezmann yang berlari dari belakang.

Jerman langsung merespons serangan Rabiot itu melalui peluang dari Serge Gnabry. Robin Gosens melepaskan umpan silang dari kiri.

Gnabry yang berada di kotak penalti menyambutnya dengan tendangan first time kaki kanan, namun bola hanya melayang tipis di atas gawang Lloris.

Pada menit ke-58, kemelut terjadi di depan gawang Lloris setelah umpan silang Joshua Kimmich bisa disapu bersih pertahanan Prancis.

Bola liar langsung ditembakkan Toni Kroos ke gawang Prancis. Beruntung bagi juara Piala Dunia 2018 itu, tendangan Kroos mengenai Gosens yang masih tergeletak di depan gawang Lloris dan dalam posisi offside.

Di babak kedua, serangan Jerman lebih intensif dibandingkan dengan babak pertama. Akan tetapi, tetap saja tidak ada tembakan on target dari tim asuhan Joachim Low tersebut.

Mbappe sempat membobol gawang Neuer pada menit ke-66 lewat tendangan placing dari sisi kiri. Akan tetapi, gol itu dianulir setelah hakim garis mengangkat bendera dari pinggir lapangan. Mbappe dianggap dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Pogba.

Pada menit ke-78, Mbappe dijatuhkan Hummels di kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Benzema. Hanya saja, wasit Carlos del Cerro Grande tidak menganggapnya sebagai pelanggaran dan memberikan penalti kepada Prancis.

Gawang Neuer kembali bobol di menit ke-85 oleh Karim Benzema usai memaksimalkan umpan mendatar Mbappe. Meski demikian, wasit Cerro Grande memilih menggunakan VAR sebelum mengesahkan gol itu yang mendapat protes dari para pemain Jerman.

Pengecekan dari VAR memutuskan Mbappe lebih dahulu dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Paul Pogba.

Pada sisa pertandingan, Jerman lebih banyak menekan Prancis. Hanya saja, Manuel Neuer dan kawan-kawan kesulitan membobol gawang Hugo Lloris. Prancis pun hanya menang tipis 1-0 atas Jerman.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha