Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karya Bakti Koramil Babat Besihkan Bangunan Bersejarah Peninggalan Belanda
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-05-2021 | 12:00 WIB
karya-bakti-babat.jpg Honda-Batam
Anggota TNI dari Koramil Babat, Kodim 0812/Lamongan membersihkan bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Lamongan - Bangunan sisa peninggalan Belanda yang berada di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur terlihat tak terawat dan terbengkalai, itu adalah Gedung Corps Tjadangan Nasional atau CTN.

Gedung tak terawat itu, sekarang dijadikan sasaran karya bakti oleh pihak TNI, khususnya Koramil Babat, Kodim 0812/Lamongan.

Danramil Babat, Kapten Khoiri menjelaskan, peninggalan Belanda itu sudah menjadi salah satu situs peninggalan berserajah yang berada di Lamongan. Bahkan, dirinya pun berinisiatif untuk merawat Gedung bekas Belanda itu.

"Gedung ini di bangun tahun 1935. Ini terlihat kumuh sekali. Sangat disayangkan situs peninggalan bersejarah seperti ini," jelasnya, Jumat (28/5/2021).

Selain CTN, kata Khoiri, beberapa situs pra sejarah lainnya juga terdapat di Kecamatan Babat, diantaranya Mariniers Brigade atau rumah sakit Marini yang sekarang dijadikan Mapolsek Babat, Jembatan cincin dan rumah panggung milik PT. KAI yang dulunya bernama PJKA.

"Semuanya peninggalan Belanda di agresi militer perang dunia 1 dan 2," jelasnya.

Editor: Yudha