Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua Umum KORPRI Imbau Pengurus Jaga Kode Etik ASN
Oleh : Irawan
Selasa | 18-05-2021 | 13:42 WIB
zudan_korpri_b.jpg Honda-Batam
Ketua Umum (Ketum) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional Zudan Arif Fakrulloh (Foto: Kemendagri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengimbau para pengurus KORPRI agar mampu menjaga kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu disampaikannya dalam Pengukuhan Pengganti Antar Waktu (PAW) Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Periode 2018-2023 di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (18/5/2021).

"Di dalam tata kelola birokrasi, khusus bagi pengurus KORPRI adalah menjaga kode etik, ada tugas mulia kita di situ, menjaga agar ASN tetap teguh melaksanakan kode etik dalam Panca Prasetya KORPRI," kata Zudan.

Tak hanya itu, Korpri juga diharapkan mampu mengadvokasi anggota, dengan memberikan bantuan hukum bila ada anggota yang tersangkut persoalan hukum.

"Agar tidak ada masalah hukum, maka tim di lembaga konsultan dan bantuan hukum Korpri kita harapkan aktif mengadvokasi anggotanya," tuturnya.

Selain persoalan kode etik dan hukum, ASN yang tegak lurus dengan Pancasila dan setia pada NKRI juga menjadi penekanannya. Terlebih, ancaman ideologi dari luar dan gerakan radikalisme dirasa mampu mengintervensi dan memberikan tekanan terhadap keutuhan NKRI.

"Kita jaga agar NKRI tetap utuh," tandasnya.

Ia berharap ASN dapat tegak lurus dengan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila dalam menghadapi tantangan global.

"ASN diharapkan terus tegak lurus dengan Pancasila. Tugas kita di KORPRI, pertama menjaga Pancasila, ASN tetap tegak lurus dengan Pancasila. Yang kedua, menjaga NKRI," imbuhnya.

Perkembangan global menyebabkan tantangan yang dihadapi semakin tidak mudah, baik ancaman dari luar lingkungan strategis seperti gerakan radikalisme dan tekanan akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, Zudan berharap, di usia KORPRI yang akan menginjak 50 Tahun pada 29 November 2021 mendatang, KORPRI mampu menjaga kekuatan persatuan secara internal.

"Kekompakkan kita akan menunjukkan bahwa kita betul-betul anggota KORPRI yang tegak lurus dengan negara, dengan Pancasila. Kita kompak kita rukun Insya Allah kita akan berhasil," ujarnya.

Editor: Surya