Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Kontribusi ATB untuk Dunia Pendidikan
Oleh : Redaksi
Senin | 03-05-2021 | 17:21 WIB
beasiswa-ATB1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Program Beasiswa STB adalah salah satu bentuk kepedulian ATB terhadap dunia pendidikan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah menggaungkan tema 'Bergerak Bersama, Wujudkan Merdeka Belajar' di Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 ini. Seruan ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk tangan berkontribusi nyata di sektor pendidikan.

Seruan ini memiliki makna mendalam bagi PT Adhya Tirta Batam (ATB). Mengingat perusahaan ini memberikan perhatian khusus di sektor pendidikan.

ATB melalui program Corporate Social Responcibilities (CSR) Peduli Pendidikan, telah memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan. "ATB sadar bahwa pendidikan merupakan salah satu pondasi dalam kemajuan suatu bangsa. Pendidikan harus didukung oleh semua elemen bangsa. Karena itulah kami selalu memberikan perhatian serius di sektor pendidikan," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, dalam siaran pernsya, Senin (3/5/2021).

Pendidikan yang berkualitas jadi sebuah keniscayaan untuk membangun bangsa yang maju, guna menyongsong masa depan dengan percaya diri. Lewat pendidikan berkualitas, visi Indonesia Maju dapat diraih.

Merdeka Belajar adalah terobosan untuk mentransformasi pendidikan Indonesia menuju terciptanya sumber daya manusia (SDM) unggul melalui kebijakan yang menguatkan peran seluruh insan pendidikan.

Visi tersebut telah ada dalam benak ATB sejak tahun 2010 silam. Karena itu, untuk memberikan kontribusi nyata dalam mencapai tujuan itu, ATB mendesain program-program CSR peduli pendidikan dengan cermat dan teliti.

Salah satu implementasinya diwujudkan dalam program CSR Beasiswa yang rutin dilakukan 2 tahun sekali, dan CSR Cerdas Cermat ATB yang dilaksanakan bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda setiap bulan Oktober.

Setiap gelaran cerdas cermat ATB ini diikuti oleh sedikitnya 72 sekolah unggulan yang ada di Batam. Mereka sudah melakukan persiapan 6 sampai 7 bulan sebelum kegiatan diselenggarakan. Karena program ini dianggap memberikan nilai tambah bagi sekolah.

"Program cerdas cermat ini selalu dinantikan oleh sekolah-sekolah yang ada di Batam. Inilah bentuk tanggung jawab sosial ATB untuk membuat masyarakat Batam lebih teredukasi," ujar Maria.

Selain itu, program Beasiswa ATB juga disebut-sebut memberikan manfaat besar untuk mendukung kelanjutan pendidikan siswa dan mahasiswa berprestasi. Hingga tahun 2020 silam, ATB telah menyalurkan beasiswa kepada sedikitnya 448 peserta didik.

Alumni program D4 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Batam, Agin Septhi, mengatakan, program beasiswa ATB tidak hanya membantu dirinya untuk meringankan pembiayaan kuliah, namun juga mendorongnya untuk terus berprestasi.

"Sebagai perusahaan yang konsen di bidang pendidikan, dan berkontribusi untuk mencerdaskan putra-putri daerah, ATB menumbuhkan semangat belajar di Batam utnuk terus berprestasi," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Dimas Ilham Munada dari MAN Insan Cendekia Kota Batam. Menrutunya, program beasiswa ATB tidak bisa didapat sembarangan. Ada seleksi ketat yang harus dilewati oleh peserta. Hal ini membuat peserta meningkatkan daya saing melalui prestasi akademis.

"Program ini memotivasi belajar dan meningkatkan prestasi serta mengembangkan minat membaca," imbuhnya.

Editor: Gokli