Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belanda 1-2 Portugal

Portugal Lolos Fase Penyisihan Grup Usai Singkirkan Belanda
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 18-06-2012 | 10:23 WIB
BelandaVsPortugal--298x295.jpg Honda-Batam

Cristiano Ronaldo saat membobol gawang Belanda. Foto:UEFA

KHARKIV, batamtoday - Portugal memastikan diri lolos ke babak delapan besar setelah berhasil mengalahkan Belanda dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan sengit dini hari tadi, Senin(18/6/2012). 

Bermain di Mentalist Stadium, kota Kharkiv, skuad Portugal tampil dengan formasi biasanya. Dua pemain bintan, Ronaldo dan Nani bermain di dua sisi sayap. Disisi lain, Belanda yang menjadi lawan, dibebani dengan target kemenangan untuk membuka peluang lolos dari babak penyisihan grup. Hasilnya, kedua tim saling serang sejak babak pertama dimulai.

Belada memeragakan permainan menyerang. Mereka tak hanya berusaha menguasai jalannya laga, tapi juga berupaya menciptakan peluang mencetak gol.

Gaya permainan itupun sukses membawa Belanda unggul cepat. Tepatnya pada menit ke-11, Rafael Van der Vaart berhasil membobol gawang Rui Patricio lewat tendangan melengkung indah dari luar kotak penalti. Namun, keunggulan Belanda itu tak bertahan lama. 

Akibat kesalahan lini belakang De Oranje, Cristiano Ronaldo berhasil lolos dari jebakan off-side. Memanfaatkan umpan terobosan dari Nani, Ronaldo pun dengan tenang melepaskan tendangan yang tak bisa diantisipasi Maarten Stekelenburg pada menit ke-28. Skor pun berubah 1-1, yang kemudian bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda semakin gencar menyerang. Bahkan Bert van Marwijk memasukkan tambahan penyerang, Ibrahim Afellay, menggantikan Jetro Willems pada menit ke-67. Tapi strategi ini justru jadi bumerang. Kekurangan pemain belakang membuat Belanda makin rapuh.

Dan terbukti pada menit ke-74. Berawal dari serangan balik cepat, Ronaldo sukses menggandakan keunggulan Portugal dengan sepakan terukur memanfaatkan umpan silang mendatar João Moutinho.

Tertinggal 2-1, Belanda semakin ngotot menyerang. Namun, tanpa kratifitas dari lini tengah, Belanda kesulitan membongkar pertahanan Portugal dan emncetak gol. Akhirnya skor 1-2 untuk keunggulan Portugal bertahan hingga ujung pertandingan.

Kekalahan ini membuat Belanda harus rela tersingkir dari Euro 2012 tanpa meraih satu poin pun. Tragisnya, sebagai tim yang lolos dari babak kualifikasi lebih awal, Belanda juga pulang lebih awal. Ini juga menjadi kali pertama bagi Belanda gagal lolos dari fase grup sejak Euro 1980.

Bagi Portugal, kemenangan ini membuat mereka lolos ke babak selanjutnya sebagai runner-up di bawah Jerman. Mereka sukses mengoleksi enam poin, unggul tiga poin dari Denmark, yang kalah 1-2 dari Jerman di tempat lain.