Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan Babin, Menko Marves: Perlu Ada Studi Ekonomi
Oleh : Putra Gema
Kamis | 18-03-2021 | 17:21 WIB
tinjau-tkp-Babin.jpg Honda-Batam
Meko Marves Luhut B Pandjaitan dan Menkopolhukam Mafud MD saat meninju lokasi pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) di Telagapunggur, Batam, Kamis (18/3/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Jembatan Batam-Bintan di Telagapunggur, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dalam kunjungan tersebut, Luhut mengatakan, perlunya studi tambahan bidang ekonomi dalam rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan tersebut.

Studi keekonomian tersebut, lanjut Luhut, diperlukan agar masa depan Jembatan Batam-Bintan tersebut tidak menjadi seperti Jembatan Barelang yang investasi sekian triliun atau mencapai ratusan miliar, tetapi penggunaannya sangat minim.

"Studinya harus jalan, jangan buru-buru. Makanya harus dihitung betul-betul manfaat ekonominya," kata Luhut, Kamis (18/3/2021).

Luhut mengungkapkan, jika berdasarkan laporan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, diperkirakan akan ada 7 ribu kendaraan yang akan melintasi jembatan ini. Maka menurutnya akan berdampak cukup besar.

Luhut juga kembali menekankan hasil studi tersebut harus tepat, agar saat jembatan dibangun, sesuai dengan perkiraan. "Jangan studi aja, ttapi hasilnya tidak benar," tegasnya.

Editor: Gokli