Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Vios Dikorting PPnBM Rp 60 Juta, Begini Cicilannya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-03-2021 | 12:14 WIB
vios_coupe1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Toyota Vios jadi mobil yang dapat diskon paling besar setelah pemerintah memberlakukan relaksasi PPnBM. Skema kredit sedan tersebut jadi berita paling banyak dibaca pada Jumat (12/3/2021) kemarin.

Pemberlakuan relaksasi PPnBM sangat berpengaruh pada penjualan Toyota Vios di dua pekan pertama Maret. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengungkapkan kenaikan pembelian Vios begitu tinggi.

"Vios naik lebih besar, karena biasanya SPK tidak terlalu banyak. Di Februari (SPK) tanggal 1-8 hanya 6 unit, sementara di Maret (periode yang sama) SPK Vios mencapai 212 unit," kata Anton.

Dibanding 20 jenis mobil lainnya, diskon PPnBM yang diterima Vios memang sangat besar. Soalnya sedan seperti Toyota Vios dikenakan PPnBM 30%. Sementara mobil lain yang kebanyakan kelas low MPV dan low SUV, PPnBM-nya hanya 10%. Jadi saat PPnBM dibebaskan, sudah pasti Vios mendapat potongan harga paling signifikan.

Lalu bagaimana skema kredit, baik uang muka maupun besarnya cicilan, Toyota Vios?

Berdasarkan simulasi kredit Toyota Vios melalui penghitungan laman resmi Auto2000, skemanya bisa dilihat sebagai berikut:

Toyota Vios model E M/T di website Auto2000, harganya sekitar Rp 244,4 juta. Jika ingin membeli mobil ini secara kredit, dengan uang muka 30% dan masa angsuran 60 bulan (5 tahun), maka dikenakan uang muka Rp 73,3 juta dan cicilan per bulan Rp 4 jutaan.

Varian tertinggi Toyota Vios G CVT, di website Auto2000 harganya sekitar Rp 273,6 juta. Jika ingin membeli mobil ini secara kredit, dengan uang muka 30% dan masa angsuran 60 bulan (5 tahun), maka dikenakan uang muka Rp 82 juta dan cicilan per bulan Rp 4,4 juta.

Sebagai catatan, harga mobil yang tercantum di website APM (Agen Pemegang Merek) dan website dealer resmi seperti Auto2000 biasanya berbeda.

Berita terpopuler kedua pada Jumat kemarin adalah tentang komplek perumahan di Amerika Serikat di mana warganya mayoritas memiliki pesawat terbang.

Uniknya, pesawat-pesawat terbang tersebut mereka parkir di garasi rumah. Jika pada lokasi pemukiman lain garasi berisi mobil, maka di wilayah ini garasi jadi tempat parkir pesawat.

Kompleks 'para sultan' ini berada di El Dorado Couty, California, Amerika Serikat. Kawasan ini viral di dunia maya setelah sebuah video pendek di Tiktok mengungkapnya.

Akun Tiktok thesoulfamily yang memublikasikan video tersebut. Video pendek tersebut lantas viral di tiktok dan sejauh ini sudah mendapat lebih dari 40 ribu likes.

Pada video singkat tersebut terlihat beberapa pesawat terbang tersimpan di dalam garasi, malah ada juga yang sedang parkir di muka garasi atau halaman rumah

"Lihatlah, ini benar-benar gila. Terlihat normal saja di sini memiliki pesawat dan diparkir di dalam garasi," ucap si pembuat video yang menunjukkan wilayah perubahan tersebut sambil mengendarai mobil.

Karena digunakan untuk parkir pesawat terbang, garasi rumah-rumah di El Dorado Couty terlihat sangat lebar. Pesawat-pesawat yang dimiliki warga kebanyakan merupakan jenis pesawat bermesin ringan. Namun ada juga pesawat berbadan agak lebar.

Diketahui perumahan tersebut berlokasi tak jauh dari sebuah bandara. Lalu bagaimana caranya membawa pesawat tersebut ke bandara? Tentu saja dengan dikendarai.

Video lain yang diupload thesoulfamily menunjukkan salah satu pesawat sedang berjalan di aspal. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, ruas jalan di area pemukiman ini dibuat sangat lebar. Beda jauh dengan ruas jalan pemukiman pada umumnya.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha