Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyisihan Grup D EURO 2012

Dua Gol Shevchenko Antarkan Kemenangan Ukraina atas Swedia
Oleh : Redaksi/Mg
Selasa | 12-06-2012 | 10:21 WIB
Seva.jpg Honda-Batam

Kapten Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko. Foto:UEFA

DONETSK, batamtoday - Andriy Shevchenko menjadi pahlawan kemenangan Ukraina saat meladeni tamunya, Swedia. Mantan pemain AC Milan itu memborong dua gol sekaligus mengantarkan Ukraina unggul 2-1. 

Dalam laga yang dilansungkan di Olimpiyskyi Arena, Donetsk, Selasa (12/6/2012) dini hari WIB, Ukraina tampil trengginas. Sebagai tuan rumah, beban untuk memenangkan pertandingan awal memang dirasa cukup berat. Namun skuad yang dibesut Oleh Blokin itu mampu melewatinya.

Pada babak pertama, Ukraina yang diperkuat pemain veteran Andriy Shevchenko, berhasil menguasai jalannya pertandingan. Bahkan dalam statistik, perbandingan kedua tim cukup timpang. 61 persen penguasaan bola berada di kaki Seva cs. 

Namun serangan demi serangan yang dibangun belum membuahkan gol. Hingga babak pertama terpaksa ditutup dengan skor kacamata,0-0. 

Memasuki babak kedua, Ukraina kembali memeragakan permainan apik. Mereka terus menggedor pertahanan Swedia. Duet Andriy Shevchenko dan Veronin beberapa kali membuat kiper Swedia Andres Isaksson terancam. 

Terlalu sibuk mengincar gol membuat Ukraina terlena. Menit ke-52 pemain asal klub AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, berhasil mencuri gol usai memanfaatkan assist mendatar Kim Kallstrom. Pemain jangkung yang kini merumput di klub AC Milan itu berhasil membawa keunggulan Swedia. 0-1 Ukraina tertinggal.

Tak ingin kehilangan muka di hadapan publiknya sendiri, Ukraina mencoba bangkit. Tak butuh waktu lama untuk menyeimbangkan kedudukan. Sundulan Shevchenko, yang melakukan aksi sambil melayang, di menit-55 sukses membuat asa meningkat. Publik tuan rumah kian bergemuruh ketika King Sheva melesakkan gol keduanya tujuh menit berselang. Lagi-lagi melalui sundulan kepalanya. 2-1 Ukraina berhasil membalik keunggulan.

Dalam keadaan tertinggal, Swedia mencoba menyuntikkan darah segar dengan memasukkan Svensson dan Elmander. Tapi tetap tak mampu menolong Swedia lolos dari kekalahan. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor tak berubah.

Berkat kemenangan ini Ukraina sukses memuncaki klasemen Grup D Euro 2012 dengan raihan tiga angka. Setelah dua tim lainnya, Inggris dan Prancis, hanya mampu bermain imbang 1-1.