Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Eks Pemulung Disiapkan Rusun, Sultan Nilai Wujud Komitmen Keadilan Sosial
Oleh : Irawan
Jum\'at | 19-02-2021 | 09:08 WIB
sultan_b1_najamudin1.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh rencana pembangunan rumah susun (rusun) bagi masyarakat eks pemulung oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

"Ini wujud komitmen ke-Pancasilaan yang luhur dalam upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. DPD RI pada prinsipnya akan selalu mendukung agenda pembangunan yang berorientasi pada etos keadilan sosial," ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, eks pemulung merupakan bagian dari warga bangsa yang berhak untuk mendapatkan perhatian dan pelayanan serius dari negara, terutama terkait tempat tinggal, agar tidak terlantar.

"Karena Konstitusi kita mengamanahkan demikian, bahwa kelompok yang rentan secara sosial seperti eks pemulung wajib dilindungi oleh negara. Mereka tidak pernah sepenuhnya memilih untuk menjadi pemulung, mereka korban pmbagunan yang tidak berkeadilan," tegas senator muda asal Bengkulu itu.

Dengan ketersediaan rusun ini, tambah Sultan, diharapkan para eks pemulung ini dapat memulai dan memulihkan kembali kehidupan sosial dan ekonomi keluarganya secara layak.

"Namun, Manajemen dan data penghuni rusun harus disiapkan secara terpadu agar program tersebut tepat sasaran dan mendatangkan manfaat bagi warga negara yang memang benar-benar berhak mendapatkannya,"usulnya.

Selain itu, Kemensos harus berkolaborasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian tenaga kerja dan kementerian pendidikan misalnya, agar para pemulung dan anak-anak mereka dapat disediakan fasilitas pelatihan kerja dan pendidikan yang memadai, seperti masyarakat pada umumnya.

Seperti diketahui, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, pemerintah akan membangun dua blok rumah susun ( rusun) yang diperuntukkan bagi eks pemulung dan tunawisma.

Rencana pembangunan rusun tersebut akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di dua lokasi, yakni Pasar Rebo di Jakarta dan di Bekasi, Jawa Barat.

"Saya mendatangi Kementerian PU dan Alhamdulillah Menteri PU menyanggupi untuk kami akan dibangunkan dua blok rumah susun," kata Risma saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau lokasi pembangunan rusun tersebut di Bekasi, Kamis (18/2/2021).

Editor: Surya