Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peningkatan Kualitas SDM Naker Lokal Dongkrak Ekonomi Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 17-02-2021 | 11:48 WIB
ketua-sbsi-bintan1.jpg Honda-Batam
Ketua Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) SBSI Bintan, Erdis Suhendri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ketua Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) SBSI Bintan, Erdis Suhendri, sangat mendukung MoU Bupati Bintan Apri Sujadi dengan sejumlah perusahaan di Bintan untuk mengakomodir tenaga kerja lokal.

"Walaupun hingga saat ini masih banyak warga yang mengeluhkan sulitnya mencari kerja, tapi dengan adanya nota kesepahaman dengan perusahaan, hendaknya lebih efektif dalam realisasinya di lapangan," harap Erdis kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (17/2/2021).

Dijelaskan, dari tahun ke tahun jumlah angkatan kerja semakin bertambah dan harus dibarengi dengan peningkatan serapan tenaga kerja. Hal itu tidak terlepas adri penyiapan SDM untuk mengisi peluang atau pasar kerja.

Menurutnya, bicara untuk mengakomodir tenaga kerja juga harus diimbangi dengan ketersediaan SDM yang mumpuni. Karena perusahaan juga akan mengutamakan mengakomodir pekerja yang sudah memiliki skill atau keahlian.

"Bisa dibayangkan setiap tahunnya, berapa banyak anak-anak tamatan SMA, SMK sederajat. Untuk sekolah berapa persen yang melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi, sisa berarti berharap untuk bekerja," imbuhnya.

Selain itu, memasuki pasar kerja selain skill, para calon pekerja akan lebih memilih yang menurut minat dan bakat. Lantas siapa yang sudah atau bisa melakukan survei minat dan bakat, untuk disalurkan atau meningkatkan SDM mereka.

"Artinya pihak pemerintah atau instansi terkait tidak cukup hanya menyampaikan pengumuman ada lowongan pekerjaan alias hanya menunggu pelamar kerja. Termasuk peluang masyarakat dalam meningkatkan SDM juga harus terus ditingkatkan, sesuai dengan minat dan bakat," harapnya.

Editor: Yudha