Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyisihan Grup C EURO 2012

Permalukan Irlandia, Kroasia Rebut Posisi Puncak
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 11-06-2012 | 10:23 WIB
Irlandia_vs_Kroasia.jpg Honda-Batam

Pemain Kroasia merayakan kemenangannya atas Republik Irlandia. Foto:UEFA.com

POZNAN, batamtoday - Secara mengejutkan tim unggulan Republik Irlandia harus takluk di tangan Kroasia 1-3 dalam penyisihan grup C yang digelar dini hari tadi, Senin(11/6/2012). Hasil ini sekaligus membawa Kroasia merebut posisi puncak grup C setelah pada pertandingan lainnya, Spanyol dan Italia berbagi angka 1-1.

Sedangkan Republik Irlandia, harus puas terlempar ke dasar klasemen. 

Dalam laga yang digelar di Municipal Stadium, Poznan, timnas Kroasia tampil cukup lepas. Sebagai kuda hitam yang tidak diunggulkan, Kroasia justru mampu mendikte perlawanan Republik Irlandia. 

Pertandingan baru berlansung tiga menit, Kroasia mampu menjebol gawang Republik Irlandia yang dijaga Shay Given. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Irlandia, Mario Mandzukic berhasil membawa timnya unggul 0-1.

Tertinggal, pemain Irlandia mencoba bangkit. Skema serangan mulai lebih tertata. Hasilnya pada menit ke-18, tim besutan Giovani Trapattoni itu mampu menyamakan kedudukan. Sean St. Ledger mampu memanfaatkan umpan dari tendangan bebas menjadi sebuah gol melalui sundulan.

Memasukki pertengahan babak pertama, Kroasia tampil dominan. Beberapa kali tim asuhan Slaven Bilic mampu membahayakan gawang Given. Usaha Kroasia tak sia-sia. Mereka berhasil kembali unggul di menit ke-39. Nikica Jelavic yang terlepas dari jebakan offside tanpa ampun  melepaskan tendangan yang tak mampu dihalau Given. Bola mengalir deras ke dalam gawang Irlandia. 1-2 Kroasia unggul. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Kroasia tampil dengan strategi mirip babak pertama. Serangan cepat diperagakan negara pecahan Yugoslavia tersebut. 

Babak kedua baru berjalan empat menit, Kroasia mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 atas Irlandia. Lagi, Mandzukic tampil sebagai aktor yang mampu membobol gawang Given dalam pertandingan ini. Sundulannya yang membentur tiang mengenai kepala Given sehingga bola masuk ke dalam gawang.

Tertinggal dua gol, Irlandia menambah daya serang. Namun kuatnya pertahan Kroasia tak mampu ditembus punggawa Irlandia. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-3 untuk keunggulan Kroasia tetap bertahan.

Hasil ini membawa Kroasia merebut posisi puncak klasemen grup C dengan poin tiga, sedangkan Republik Irlandia terlempar ke dasar klasemen.