Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ceska 1 - 4 Rusia

Pesta Gol, Rusia Pimpin Klasemen Grup A
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 09-06-2012 | 09:39 WIB
Rusia Pesta Gol.jpg Honda-Batam

Pemain Rusia saat menaklukan kiper Ceska, Petr Cesh. Foto:printscreen

WROCLAW, batamtoday - Perkasa, itulah kalimat yang pantas disematkan pada timnas Rusia di bawah asuhan Dick Advocaat. Dalam laga perdana yang berlansung dini hari tadi, Sabtu(9/6/2012) tim Beruang Merah ini berhasil mencukur Ceska dengan skor telak 1-4.

Pesta gol ini membawa Rusia memimpin klasemen sementara Gorup A dengan poin sempurna.

Tampil di Municipal Stadium, Wroclaw, Republik Ceska sejatinya memulai laga dengan baik, tercatat 10 menit pertama kendali permainan ada di kubu Ceska. Perlahan Rusia bangkit dari tekanan. 

Memasuki menit ke-15, sebuah skema serangan yang epat, Alexandr Kerzhakov menanduk bola hasil umpan silang Konstantin Zyryanov. Bola tandukan menerpa tiang gawang, namun bola muntah dengan cepat disambar Alan Dzagoev. 1-0 Rusia unggul.

Gol pembuka ini membuat Rusia makin percaya diri. Meski lebih sering menggunakan serangan balik, punggawa Beruang Merah itu terlihat sangat berbahaya. Hanya butuh lima menit untuk menggandakan keunggulan. Diawalai umpan terobosan sang kapten, Andrey Arshavin, Roman Shirokov mencetak gol dengan dingin setelah menyontek bola di hadapan Petr Cech. Kiper Ceska yang merumput di Chelsea itu dibuat tak berkutik. 2-0 Rusia unggul hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Rusia masih langsung menggebarak mencari gol ketiga, peluang diperoleh Kerzhakov pada menit ke-49 saat sepakan kerasnya masih menyamping. Gawang Petr Cech selamat.

Ceska coba untuk bangkit dan menit ke-51 mereka berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Gol Ceska diciptakan oleh Vaclav Vilar yang berhail lolos dari jebakan offside dan menceploskan bola setelah melewati kiper Rusia, Viatcheslav Malafeev. Ceska kemudian terus menekan untuk mencari gol penyeimbang. Theodor Gebre Selassie sempat punya peluang melalui tendangan voli, namun sepakannya masih melebar.

Keasikan menyerang membuat Ceska kehilangan fokus pada lini belakang. Alih-alih menyamakan kedudukan, Petr Cech justru harus memungut bola untuk yang kediga kalinya. Tepatnya di menit ke-79 Dzagoev mencetak gol keduanya malam itu sekaligus gol ketiga untuk Rusia. Tendangan kerasnya tak mampu dihalau Petr Cech. 1-3 Rusia unggul.

Memasuki menit ke-80, seolah pupus sudah harapan Ceska untuk dapat mengimbangi skor Rusia. Penampilan Petr Cesch cs menurun. Dua menit berselang, giliran pemain pengganti, Roman Pavlyuchenko yang menyumbang gol penutup. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini menjebol gawang Cech lewat tendangan keras setelah sebelumnya melewati penjagaan dua pemain belakang Ceska. 1-4 untuk Rusia hingga peluit akhir dibunyikan.

Menanggapi kemenangan tersebut, pelatih Rusia Dick Advocaat ternyata masih belum puas. 

"Ketika Anda memasukkan empat gol ke gawang Ceska, itu merupakan hasil yang sangat bagus. Akan tetapi, seharusnya kami bisa mencetak lebih banyak gol malam ini," ucap Advocaat menanggapi pertandingan timnya melawan Republik Ceska, dikutip batamtoday dari uefa.com.

Sementara itu, pelatih Ceska Michal Bilek merasa timnya dini hari tadi bermain tidak sempurna. Ia justru dengan jantan memuji keperkasaan Rusia yang dikomandoi pemain Arsenal, Arshavin. 

"Rusia adalah tim hebat dengan kualitas yang luar biasa. Kami sendiri memiliki masalah dalam menghadapi kombinasi Rusia. Mereka menciptakan banyak peluang dan bermain hanya dengan satu-dua sentuhan," ujar Bilek.