Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Sagulung Amankan Dua ABG Pencuri Motor
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 27-01-2021 | 15:20 WIB
A-ABG-PENCURI-MOTOR_jpg2.jpg Honda-Batam
Dua ABG pencuri motor yang diamankan Polsek Sagulung. (Foto: Iwan/Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Baru baru ini, Polsek Sagulung Batam mengamankan dua anak baru gede (ABG) yang masih di bawah umur. Kedua remaja putus sekolah tersebut melakukan pencurian motor di sejumlah tempat di Kota Batam.

"Inilah yang kita sayangkan, harusnya anak ini masih duduk di bangku pendidikan, bukan berhadapan dengan hukum," ujar Iptu Rifi, Kanit Reskrim Polsek Sagulung, menyesalkan.

Menurut Rifi, selain kedua ABG yang diamankan pada Sabtu(23/1/2021) lalu, masih banyak juga anak di bawah umur yang berurusan dengan hukum. Ini bisa saja terjadi karena kendornya pengawasan orang tua.

"Anak ini bisa terjerumus ke ranah hukum, menjadi korban ataupun pelaku. Karena orang tuanya kurang perhatian, kurang perduli dan kurang pengawasan," ucap Rifi.

Untuk itu, Rifi mengimbau agar seluruh orangtua, khususnya yang tinggal di Sagulung agar benar-benar mengawasi dan memperhatikan anaknya. Otang tua pun harus memberikan kegiatan yang bisa menyalurkan bakat anak ke hal yang positif.

"Suruh anak untuk selalu melakukan hal yang positif, sehingga menghasilkan hal positif juga," ungkapnya.

Selain itu, jika anak tidak pulang sampai larut malam, orang tua juga harus melakukan pencarian. Jangan sampai anak di biarkan tidak pulang sampai berhari-hari.

"Jika di biarkan, maka anak bisa ikut ikutan melakukan hal yang negatif,” terangnya.

Selain meminta pengawasan dari orang tua, lanjut Rifi, Polsek Sagulung juga selalu melakukan patroli rutin. Jika menemukan anak-anak yang berkeluyuran hingga larut malam, maka petugas Polsek Sagulung akan membubarkannya.

"Kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika anak-anak keluyuran hingga larut malam, bisa jadi mereka pelaku kriminal atau menjadi korban kriminal. Kita selalu bubarkan kegiatan anak-anak yang yang sudah larut malam," tutupnya.

Editor: Dardani