Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Binut Lakukan Pengamanan Pemusnahan Limbah Medis Vaksinasi Covid-19
Oleh : Harjo
Jum\'at | 22-01-2021 | 14:04 WIB
A-PEMUSNAHAN-LIMBAH-VAKSIN_jpg2.jpg Honda-Batam
Pemusnahan Limbah Medis Vaksinasi Covid-19 di RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Personil Polsek Bintan Utara (Binut), lakukan pengamanan pelaksanaan pemusnahan limbah vaksinasi Covid 19. Limbah tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar di RSUD Engku Haji Daud (EHD), di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan Jumat, (22/1/2021).

Kadis Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Gama Isnaeni mengatakan, kegiatan vaksinasi sudah dilakukan, namun limbah medis vaksinasi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Limbah dilakukan pemusnahan dengan cara pembakaran, agar limbah tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah membantu mengawal dan mengamankan proses mulai dari awal pendistribusian sampai proses pemusnahan limbah Vaksin tersebut," ujarnya.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Arbiri Jumhur mengatakan, pemusnahan kali ini merupakan langkah yang tepat, karena ditakutkan adanya oknum atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang akan menyalah gunakan Limbah medis vaksinasi Covid-19 tersebut.

Adapun jumlah limbah Vaksin Covid-19 (SINOVAC) yang dimusnahkan sebanyak 175 vial Jumlah Vial : 175 Vial, 178 Pcs Jumlah Spuit dan 178 Jarum suntik yang telah digunakan. Data tersebut adalah jumlah keseluruhan dari Puskesmas Kuala Sempang, Puskesmas Teluk Sebong, Puskesmas Mentigi Tanjunguban, Puskesmas Teluk Sasah, Puskesmas Sri Bintan, Klinik Ernes dan RSUD Engku Haji Daud (EHD).

Proses pemusnahan limbah medis Vaksinasi Covid-19 (SINOVAC) tersebut akan memakan waktu selama +/- 6 jam dan hasil dari pembakaran limbah tersebut nantinya akan dimasukan ke dalam drum yang selanjutnya akan dikirim ke kota Batam.

Kegiatan Pemusnahan limbah Vaksinasi Covid-19 tersebut dipimpin langsung oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Gama Isnaeni, dihadiri oleh Kapolsek Bintan Utara, Direktur RS Engku Haji Daud (EHD), perwakilan Puslesmas Mentigi, Puskesmas Teluk Sasah, serta sejumlah personil Polsek Bintan Itara dan staff RSUD EHD.

Editor: Dardani