Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perayaan HUT YKB Batam ke-42 Bertabur Apresiasi Prestasi
Oleh : Ani Muslimah, S.S, Pengajar dan Tim Jurnalistik SMA Kartini Batam
Senin | 18-01-2021 | 14:20 WIB
A-DRUM-BAND-KARTINI.jpg Honda-Batam
Drumb Band SMA Kartini yang tampil pada puncak HUT YKB Batam ke-42. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gelaran tahunan puncak HUT Yayasan Keluarga Batam (YKB) ke-42 digelar dalam suasana prihatin, Sabtu (16/1/2021) lalu di SMK Kartini Batam. Meski demikian, kegiatan tahunan ini penuh dengan ungkapan rasa syukur dan apresiasi prestasi siswa dan guru.

Prihatin karena tahun ini puncak acara hanya dihadiri oleh 150 orang perwakilan, padahal tahun-tahun sebelumnya dihadiri tidak kurang dari seribuan orang. Karena masih dalam suasana pandemi corona, kegiatan ini juga disiarkan melalui live streaming.

Hadir dalam gelaran ini, Ketua YKB, Sri Soedarsono, perwakilan siswa dan guru dari tiap sekolah, komite sekolah, dan beberapa tamu undangan berbagai instansi swasta maupun pemerintah.

"Kita sekarang berada di era revolusi industri 4,0. Kita harus mengikuti perkembangan zaman dan siap untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Apalagi sekarang kita sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19, di mana kita mengalami keterbatasan tatap muka dalam pembelajaran. Ini adalah tantangan besar dalam dunia pendidikan. Terus semangat, baik bapak ibu guru maupun anak-anak semuanya," papar Ketua YKB, Sri Soedarsono yang kerap disapa Bu Dar dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara HUT YKP ke-42.

Adik kandung mantan Presiden Prof. Dr. Ir. Ing. BJ Habibie itu juga menyampaikan
keprihatinannya, karena terpaksa melaksanakan upacara dengan peserta sangat minim, hanya 150 orang perwakilan dari tiap sekolah, biasanya pesertanya seribu lebih.

Meski demikian, di tengah suasana keprihatinan itu, Bu Dar tak lupa menyampaikan
apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para siswa yang telah mengukir prestasi, baik akademik, olah raga, maupun seni, baik tingkat kota sampai tingkat internasional.

"Terus pertahankan prestasi kalian dan terus tingkatkan ke jenjang yang lebih baik lagi," tambah wanita yang tetap semangat di usia senjanya itu.

Kegiatan gelaran HUT YKB tahun ini digelar dua sesi, pertama upacara bendera di lapangan dan penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan acara kedua, yaitu seremonial dengan berbagai acara, antara lain penayangan video Bintang Mahaputera, tampilan musik angklung dari Rumah Seni Kartini bersama Sri Soedarsono, pemberian penghargaan kepada pemenang lomba guru dalam rangka HUT YKB Ke-42, pemberian penghargaan kepada guru dengan masa kerja 10, 15, 20, 25, dan 30 tahun. Kepada semua diberika piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan.

Upacara dimulai pukul 07.30 berlangsung hikmat, meskipun hanya diikuti oleh 150 orang saja, karena alasan pandemi Covid-19. Upacara dipimpin langsung oleh ketua YKB, Sri Soedarsono. Semua proses upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua panitia pelaksana HUT YKB Ke-42, Akmal mengatakan, rangkaian perayaan HUT YKB kali ini menggelar banyak kegiatan, tentu saja karena keterbatasan semua dilaksanakan secara daring. Meskipun demikian semua kegiatan terlaksana dengan sangat baik dan lancar.

"Rangkaian kegiatan HUT YKB Ke-42 diawali dengan kegiatan donor darah, lomba-lomba untuk siswa dan guru, simposium, syukuran, webinar dan ditutup dengan upacara," ujar Akmal mengakhiri.

Editor: Dardani