Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh di Kepulauan Seribu

DPR Sampaikan Duka Cita dan Berharap Proses Pencarian Berjalan Lancar
Oleh : Irawan
Minggu | 10-01-2021 | 14:04 WIB
sriwijaya_air2b.jpg Honda-Batam
Maskapai penerbangan Sriwijaya Air (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan duka mendalam atas peristiwa hilangnya Pesawat Sriwijaya SJ-182 Jakarta-Pontianak. Pesawat tersebut dikabarkan menghilang di sekitar wilayah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (9/1/2021) sore.

"Saya menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa ini," kata Puan, Minggu (10/1/2021).

Puan berharap proses pencarian pesawat dan penumpangnya berjalan lancar. Dia mendoakan keluarga korban diberi ketabahan. "Semoga keluarga para korban diberi ketabahan," ujarnya.

Selanjutnya, politisi PDI-Perjuangan itu meminta pihak berwenang mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mendukung proses pencarian para korban.

Selain itu, masyarakat diharapkan tidak berspekulasi dan menunggu hasil penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Saya meminta komponen-komponen SAR menerjunkan semua kekuatannya untuk proses pencarian korban," ujar Puan.

"Jangan berspekulasi tentang penyebab sampai ada hasil penyelidikan KNKT, " ucapnya.

Ucapan duka cita juga disampaikan Wakil Ketua DPR Azis. Azis turut berduka atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air bernomor SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Ia berharap para petugas penyelamat yang sedang bekerja dapat memaksimalkan pencariannya sekalipun di lokasi diduga jatuhnya pesawat mengalami kondisi cuaca buruk.

"Saya meminta para tim pencari dapat memaksimalkan pencarian ini sekalipun kita tahu saat ini di titik tersebut juga mengalami kondisi yang ekstrem, sehingga masih menyulitkan pencarian. Kita harap pesawat dapat segera ditemukan untuk kemudian dapat diteliti lebih lanjut penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya tersebut,".

Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut menjelaskan DPR RI masih memantau perkembangan berita serta keterangan resmi dari instansi terkait. Ia pun mendorong Kementerian Perhubungan untuk bisa terus melakukan pengawasan ketat terkait investigasi mengenai kelayakan terbang maskapai bersangkutan.

"Kementerian Perhubungan harus melakukan pengawasan terhadap uji layak daripada maskapai penerbangan, untuk menerbangkan pesawat itu harus dilakukan secara terukur dan tegas. Karena ini menyangkut nyawa daripada masyarakat yang menjadi penumpang. Terlebih saat ini kerabat daripada manifes berharap mendapat kabar yang terbaik," tambahnya.

Editor: Surya