Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ansar-Marlin Unggul 8.115 Suara dari Isdianto-Suryani di Lingga
Oleh : Wandy
Selasa | 15-12-2020 | 19:36 WIB
Aman-Insani2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Kepri, Ansar - Marlin dan Isdianto - Suryani. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga telah merampungkan perhitungan suara pasangan calon (Paslon) Gubernur - Wakil Gubernur Kepri pada Pilkada serentak 2020.

Rapat pleno penetapan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara yang digelar di Aula Hotel Lingga Pesona Daik Lingga sejak 14-15 Desember 2020, diketahui Paslon Ansar - Marlin unggul dari dua Paslon lainnya, yakni Isdianto - Suryani dan Soerya - Iman.

Ketua KPU Kabupaten Lingga, Juliyati, membuka dan memimpin rapat pleno, pembacaan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dipandu langsung Anggota Divisi Teknis Penyelenggara, Rio Akmal Bukit.

"Pembacaan dimulai dari pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau terlebih dahulu oleh masing-masing kecamatan," kata Juliyati, Selasa (15/12/2020).

Setelah dibacakan Panitia Pemilihan Kecamatan, anggota Devisi KPU Lingga mempersilahkan para saksi dari setiap Paslon untuk menanggapi berikut Bawaslu Kabupaten Lingga.

Setelah disepakati, hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan yang bersangkutan dinyatakan sah oleh Ketua KPU Kabupaten Lingga. "Untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau selesai pada Jam 15.30 WIB," ujarnya.

Adapun hasil perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau untuk Kabupaten Lingga:

1. Dr. H.M. Soerya Respationo, SH., MH. dan Iman Sutiawan, SE. sebanyak 9244 suara;

2. H. Isdianto, S. Sos., MM dan Suryani, SE. sebanyak 18.445 suara;

3. Ansari Ahmad, SE., MM. dan Marlin Agustina sebanyak 26.560 suara.

Rapat pleno terbuka dilanjutkan dengan pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan suara di setiap kecamatan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga. "Namun dikarenakan waktu yang menunjukkan pukul 00.00 WIB, maka berdasarkan persetujuan seluruh saksi dan Bawaslu Kabupaten Lingga rapat pleno terbuka dilanjutkan pada Selasa (15/12/2020) pagi dengan sisa enam Kecamatan," bebernya.

Juliyati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga yang telah berpartisipasi memberikan hak pilihnya sehingga Kabupaten Lingga memperoleh tingkat partisipasi masyarakat sebanyak 81,29%.

"Terima kasih kepada seluruh badan ad-hock mulai dari PPDP, KPPS, PPS hingga PPK yang telah bekerja keras mensukseskan pemilihan dan tak lupa kepada para stakeholder terkait atas bantuan dan kerjasamanya sehingga pemilihan dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Editor: Gokli